nhk

MotoGP 2017 (Tes Sepang): Stoner Betot Perhatian, Ini Komentar Nyeleneh Rossi

27 stoner test Sepang 2017-1

ManiakMotor – Sukses Casey Stoner menjadi pembalap tercepat hari pertama tes Sepang jelas membetot perhatian fans MotoGP sedunia. Kendati di hari kedua dia berstatus NC alias no contest. Hanya dua kesimpulan yang muncul: Ducati di tangan Stoner memang makin jinak dan Stoner sendiri masih punya skill kelas atas di trek MotoGP.

King Casey, julukannya, torehkan best time 1:59,680. Walau hari kedua test di Sepang, Malaysia pada 31 Januari sudah dilewati Andrea Iannone si mantan pemain Ducati juga. Stoner meski pensiun dini pada akhir 2012 lalu dan tak lagi ikut balapan resmi, catatan waktu itu jelas jadi patokan kalau ia sebenarnya masih layak bertarung di level atas.

Setidaknya begitulah komentar para maniak MotoGP di media sosial. Begitu pula penilaian joki-joki muda yang tak sempat mengaspal bareng Stoner di lintasan. “Saya melihat aksinya mengukir best lap itu. Saya nggak ngerti kenapa ia tak balapan lagi saja,” cetus Maverick Vinales terkagum-kagum.

Masih dikagumi banyak orang, Stoner malah terkesan cuek. Ia ‘dingin’ saja kala dikerubungi awak media. Tak ada komentar, terlebih kala mendengar pertanyaan yang dari dulu terulang terus, “Mengapa tak come back saja keMotoGP?”

Tapi, lewat rilis resmi tim Ducati, Stoner banyak berkomentar. GP17 menurutnya sudah balance di banyak area dan masih bisa dikembangkan. Pekerjaan besar yang mendesak adalah pemantapan kinerja sasis. Sayang, ia tak sebut sasis 2016 atau 2017 yang kabarnya punya sumbu roda lebih pendek sesuai maunya Jorge Lorenzo. “Hal terbaik hari pertama kondisi lintasan kering. Memungkinkan tim menguji dan membandingkan banyak komponen motor,” ucap tester Ducati itu yang dikecewakan hujan dalam sesi tes privat sebelumnya di Sepang.

Lantas apa kata Valentino Rossi seperti di judul? Wah, hampir terlewat tuh brosist! Nyaris jadi portal yang judul beritanya apa dan isinya apa, nggak nyambung hehehe! Ini kata The Doctor yang juga mencermati aksi dan catatan waktu Stoner, pembalap Australia yang tercatat sebagai salah satu musuh besarnya dalam sejarah MotoGP. “Untung saja ia nggak ikut balapan. Itu sangat bagus,” cetus Il Dottore.

Artinya silakan tafsirkan sendiri. Andro

BACA JUGA

Hasil Tes MotoGP Sepang, Malaysia, 30 Januari – 1 Februari 2017

BAGIKAN