nhk

MotoGP 2017: Tester Yamaha Diragukan Menjiwai M1? Tester Ducati Paling Top!

 

ManiakMotor – Setiap tim pabrikan punya tester. Ya tahu!Sedikit-banyak mereka penentu berhasilnya riset pada motor MotoGP yang nantinya digeber pembalap inti. Rumor yang beredar yang paling lemah tester dari Yamaha. Mereka hanya memiliki Katsuyuki Nakasuga. Nah itu baru tahu!

Nakasuga ini dianggap lemah dibanding tester pabrikan lain. Menurut rumor tersebut, lima tahun lalu mungkin Nakasuga masih kapabel dengan tugasnya sebagai tester tim besar seperti Yamaha. “Tapi belakangan dia tidak menjiwai, sudah jarang tampil di MotoGP dibanding tester Honda dan Ducati. Nakasuga memang juara superbike Jepang, tapi jauh diukur dengan MotoGP,” sebut si rumor di media Eropa sana.

Jarang turun dalam kapasitas tester yang biasanya dapat fasilitas wild card di beberapa seri MotoGP, membuat laporan pada periset juga dipertanyakan. Makanya M1 2017 ini bukannya menanjak kinerjanya malah menurun seiring serial. Maksudnya di awalnya sangat mantap, tapi kedodoran belakangan, apalagi pada karakter aspal yang grip pegangannya minim.

Itu dibandingkan misalnya tester Honda yang bernama Hiroshi Aoyama. Feeling Aoyama sebagai tester masih dekat dengan MotoGP, karena tahun lalu masih sempat menggantikan Dani Pedrosa. Dia sangat paham akan tuntutan motor yang digunakan untuk balapan. Honda dianggap punya grafik yang naik dihitung dari seri awal 2017, walau di awal dengan mesin big-bang kesulitan juga. Di akhir paruh musim memimpin klasemen lewat Marc Marquez.

Apalagi disetarakan dengan Ducati yang punya prestasi melambung sebelum paruh musim 2017. Itu dengan sempat memimpinnya Andrea Dovizioso di klasemen, sejarah buat Dovi dan Ducati setelah era Casey Stoner. Ternyata, testernya mantan juara dunia si Stoner sendiri yang kapasitasnya nggak diragukan sebagai penguji dan pengumpul data. Siapa yang ragu dengan orang itu, di Ducati pula yang pernah membuatnya juara dunia.

Belum lagi Michele Pirro yang rutin disodorkan Ducati untuk dapat wild card. Bahkan di Mugello lalu bisa ke-9. Penjiwaannya masih kental. “Untuk itu Yamaha harus melakukan penyegaran testernya,” saran si rumor.

Benar juga sih. Miolo

BAGIKAN