nhk

MotoGP 2017: Tipe Ban Mudah Terlihat, Teknologi ECU Dan Timing System

Michelin MotoGP Asia

ManiakMotor – Ternyata bukan hanya portal ini yang kebingungan mendeteksi warna ban sebagai penanda tipenya saat balapan MotoGP berlangsung. Garis pada dinding ban itu dituding terlalu sulit dilihat oleh fans dan media. Termasuk para peliput langsung MotoGP di lapangan mengeluhkannya.

Maka dimunculkan teknologi secara otomatis akan telihat jenisnya dari layar kaca. Itu tanpa diketik manual oleh petugasnya bahwa si Marc Marquez atau Valentino Rossi menggunakan tipe soft depan atau belakang hard, misalnya. “Sistem ini memudahkan semua informasi soal ban. Jadi bukan hanya tipe, sampai suhu dan tingkat abrasinya akan diinformasikan,” sebut rilis Grand Prix Commission yang mengatur peraturan MotoGP.

Teknologi itu menggunakan software yang dirancang hasil kerjasama antara Michelin sebagai pemasok ban dan Dorna. Intinya memudahkan penononton dan semua yang terkait mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Jadi portal ini juga jangan disalahkan saat tulisan cepat setiap sesi terkadang keliru dan bahkan tidak mencatumkan tipe ban yang digunakan.

Alat yang berteknologi nirkabel itu akan terkoneksi dari ECU yang diumpan pada timing system. Transponder akan melaporkan semua kinerja ban yang diklaim sebagai teknologi terbaru di dunia itu. Ya lebih mudahlah analisa masing-masing penonton saat balapan berlangsung pada strartregi mengendara lewat ban. Ito

BAGIKAN