nhk

MotoGP 2017 Valencia: Test Hari Kedua Ditutup, Vinales Tercepat Dengan M1

Maverick Vinales tercepat test Valencia dengan M1

ManiakMotor – Mengagumkan, dua hari test pertama MotoGP untuk 2017, Maverick Vinales yang tercepat. Hari kedua pada Rabu 16 November 2016 dituntaskan Vinales dengan catatan waktu yang hanya dia sendiri berlari di bawah 1 menit 30 detik. Isyarat yang tak bisa dibikin main-main oleh lawan pada serial tahun depan.

Baru dua hari ini dia pegang Yamaha M1, tapi sudah boleh berlari 1:29.975,  di atas para seniornya. Catatan itu didapat Vinales pada lap 66 dari 76 lap yang ia lakukan di hari kedua ini. Catatan itu sudah mati-matian dikejar Marc Marquez di satu jam terakhir sebelum ditutup. Tapi, Marquez harus mengakui dia masih ketinggalan 0.196 detik. Juga Marquez belum bisa belari di bawah 1:30.

Yang terlihat cepat bakat adaptasinya dari tiga pembalap yang pindah merek papan atas, ya Vinales ini. Bukan hanya itu, ancaman buat mereka yang kerap podium 2016. Kalau tak bisa dibilang menjadi penngganggu Marquez untuk bikin rekor-rekor berikutnya. Juga jadi pengambat buat Valentino Rossi yang masih berambisi untuk juara ke-10 kali dalam karirnya.

Tentu kurang adil membandingkan dengan Andrea Iannone yang pakai Suzuki. Dari mutu motor dia kalah. Di test ini, dia nggak boleh dipandang enteng, di urut ke bawah dia ke-4. Itu berarti dia bisa mnembawa Suzuki sekelas papan atas. Bahkan bersaing dengan Andrea Dovizioso yang ketiga, teman setim lamanya di Ducati.

Jangan langsung menyepelekan Lorenzo yang hanya ke-8 di hari kedua ini. Karena dia pemain punya perhitungan banyak. Maksudnya, jangan buru-buru di saat masih mempelajari perilaku Ducati. Toh masih banyak waktu ke depan untuk beradaptasi. Begitu kalee…

Yang jelas dari gambaran di atas, Vinales yang bisa pulang ke rumah dengan senyum. Yamaha juga punya harapan baru yang panjang pada pemuda 21 tahun itu. Ada juga kagetan papan bawah dari Aprilia lewat Aleix Espargaro. Dia masuk 10 besar yang luar biasa buat Aprilia.

Hasil lomba silakan lihat di bawah. Ito

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP Valencia 2017, Spanyol 15 – 16 November 2016

test-valencia-hari-2h