nhk

MotoGP 2017: Vinales Teriak, Penyakit Lama M1 Segera Diperbaiki, Rossi Cepat Balik

Vinales, Penyekit M1, Motogp

ManiakMotor – Tanpa Rossi, Yamaha harus kerja keras untuk merebut gelar juara dunia melalui Maverick Vinales. Terutama memperbaiki performa Yamaha M1 di linatasan basah, seperti di Misano lalu dengan start depan, hasilnya finish keempat. Karena, dari sisa lima seri balapan, separuhnya berlangsung dalam suasana trek licin.

Hasil yang sangat buruk di ronde ke-13, membuat pembalap Spanyol itu tertinggal 16 angka sama Marquez dan Dovizioso yang mengantongi nilai sama 199. Padahal, sasis prototipe 2018 yang dipakai membuatnya lebih “santai” dan sukses merebut pole. Tapi dari hasil balapan, ia menyoroti perlunya kecepatan M1 ditingkatkan.

“Banyak kemajuan dicapai, tapi di kering. Perilaku bagian depan motor sangat bagus,” puji Vinales. Tinggal, lanjutnya, penyakit lama Yamaha. Belakang sangat sulit mendapatkan traksi, jujur. Apalagi menikung ke kiri, motor suka bergeser. “Hampir empat kali lutut kiri saya menyentuh aspal,” kenangnya dan berharap di Aragon kering, sehingga bisa bersaing sama Marquez dan Dovi.

Vinales sangat berharap Rossi cepat kembali ke trek. “Kalo dia ada, kondisi akan menjadi jauh lebih baik, untuk semua orang. Karena, ia tahu betul motor dan cara bisa menjadi cepat,” ujarnya.

Kehadiran Rossi buat Vinales bisa membandingkan data. Karena, ia bisa lebih cepat mendorong motor, jika rekan setim melaju cepat. Sebelum ke Aragon, Vinales masih akan menguji motor, membuat setting yang berbeda dan balap dengan set-up di Misano pakai sasis prototipe. Rezki

BAGIKAN