nhk

MotoGP 2017: YZR-M1 Rossi Dan Vinales Akan Dikembalikan Pada Karakter Asli

M1 2017
Ini namanya jokinya gendong mesin

ManiakMotor – Bila melihat karakter asli Yamaha M1 saat Valentino Rossi di pabrikan ini pada tahun pertama dan kedua. Motor yang sangat ampuh di tikungan-tikungan berdekatan, agresif gitu. Juga makin diam saat menikung cepat, walau kadang mengorbankan kecepatan puncak.

Bisa saja itu yang dimaksudkan Direktur Pengemmbangan Yamaha Movistar MotoGP, Kouichi Tsuji. Katanya dalam peluncuran timnya baru lalu, M1 harus unggul dalam grip penggunaan ban semua tipe Michelin. “Kalau itu bagus hasilnya akan agresif. Lalu presisi dalam pengereman dan masuk tikungan yang balance. Ini adalah karakter asli M1,” sebut Tsuji yang yakin harapannya akan terwadahi pada M1 2017.

Tsuji menjelaskan M1 2017 memang tampak luar dan sepintas sama dengan sebelumnya. Tapi untuk mengembalikan karakternya tersebut, M1 dari dalam sudah berubah banyak. Tahun ini tongkrongannya lebih tinggi. Masuk akal juga bila mengejar agresifnya. Logikanya makin tinggi kian lincah.

Nggk disebut angka terendah dari tanah (ground clearance) yang memengaruhi tinggi rendahnya motor. Tapi bisa jadi ada hubungan dengan dilepasnya sayap sesuai aturan tahun ini. “Ooo bukan itu. Memang berubahnya tinggi motor ada kaitan dengan aerodinamika. Sejak awal aerodinamika motor kami sudah mantap. Jadi dengan dilepasnya saya, tidak berpengaruh,” tambah Tsuji.

Tsuji juga bilang akan ada kemungkinan-kemungkinan yang lain, mengingat masih ada tiga tes pramusim 2017. Apalagi tes di Sepang, Malaysia dua minggu dari sekarang, waktu test sangay panjang. “Langkahnya sudah tepat dari hasil tes sebelumnya. Tinggal menunggu selanjutnya pada langkah-langkah yang tepat sesuai karakter Yamaha,” pungkas Tsuji.

Wah jangan-jangan maksudnya soal karakter agresif diharapkan dari pemain barunya yang masih muda energik. Siapa lagi kalau bukan Maverick Vinales. Ito

BAGIKAN