nhk

MotoGP 2018: Agar Nggak Kehabisan Bensin, Jumlah Lap 7 Sirkuit Dikurangi

MotoGP 2017

ManiakMotor – Pernah lihat motor MotoGP didorong saat sentuh finish? Pasti banyak. Karena ukuran satu tangki itu pas untuk sekali lomba. Namun di beberapa sirkuit, benar-benar sentuh finish, bahan bakar habis.

Karena itu Dorna dan FIM penyelenggara MotoGP memotong jumlah lap di beberapa sirkuit. Totalnya ada 7 sirkuit, yang dikurangi 1 lap adalah sirkuit Aistin di Amerika, LeMans di Prancis, juga Catalunya di Barcelona, sirkuit Brno di Ceko dan sirkuit Misano di San Marino. Yang dikurangi 2 lap adalah sirkuit Jerez (Spanyol) dan tiga lap untuk Valencia.

Itu berlaku untuk kelas Moto3 dan Moto yang justru diperluas lagi sampai ke GP Jepang dan Malaysia. Bahkan rencananya pada 2019 pemangakasan masih akan terjadi, termasuk peraturan bendera merah jika lomba sudah berjalan di atas 75 persen hasilnya akan diumumkan langsung.

Selain kehabisan tadi, ada alasan yang masuk akan agar Dorna penyelenggara nggak rugi. Katanya ini untuk mencegah terjadi pembekakan jam tayang siaran langsung di televisi. Juga agar setiap perpindahan kelas, tim bisa lebih siap. MM

BAGIKAN