nhk

MotoGP 2018: Bos MotoGP, Rossi Segalanya, Pesaingnya Harus Sadar Itu

ManiakMotor – Rekor prestasi, hanya mungkin Valentino Rossi bisa dilewati. Contoh  oleh Marc Marquez. Karena dari segi umur yang ketika sama-sama muda, Marquez telah menyamai dan bahkan ada beberapa rekor telah dilampui Marquez. Itu diukur dari usia yang sama.

Namun ada yang sulit ditaklukan pembalap lain, termasuk Marquez dari sisi entertaiment dan ketenaran. “Valentino adalah legenda. Sponsor, penonton, hak siar dan sebagainya bikin MotoGP ramai karena dia. Pembalap lain harus menyadari itu, dia punya kharisma tersendiri sepanjang MotoGP ada,” sebut  CEO Dorna penyelenggara MotoGP,  Carmelo Ezpeleta yang orang Spanyol tersebut.

Boleh dikata yang dirangkai dalam kalimat, bintang Rossi menjadi banyak penggemar adalah alamiah. Bukan dibikin-bikin. Karena prestasi saja belum cukup untuk mengundang penggemar fanatik yang mbludak.

Wajah – mungkin – karena selalu senyum dengan tingkah Rossi masih di kelas nyamuk ketika itu, yang membuatnya ngetop sekarang. Masih ingat kan saban dia juara di GP125 koprol ke podium dan selebrasi lain seperti menggedong gitar usai finish. Sehingga selebrasi usai finish saat ini, nggak dianggap alami. Kan pencetusnya Rossi, setiap kali menang pergi ke pinggir lintasan dan bikin aksi bersama penonton. Geeetu kan…

Tidak heranlah abuelo bahasa Spanyol dari opa alias kakek Ezpeleta yang bisa saja juga penggemar Rossi. Selain itu, si opa mendulang pundi dari ketenaran Rossi dari hiruk-pikuk MotoGP.  “Valentino memainkan peran kunci MotoGP. Di sini, dia lebih lama dari pembalap lain. Cepat atau lambat dia akan pensiun, maka harus memikirkan apa yang bisa dilakukan Valentino pada arena ini,” tambah Ezpeleta yang sepertinya berat kalau Rossi pensium.

Saat pensiun pun, dia sendiri yang memikirkan agar Rossi tetap berada di lingkungan MotoGP. Naga-naganya, Rossi dan atas ‘rekayasa’ Dorna akan memegang tim satelit Yamaha. Persis  ‘campur tangan’ Dorna kembalinya The Doctor dari Ducati. Karena ketika prestasi Rossi di Ducati redup, pundi Dorna juga mulai muram. Miolo

BAGIKAN