nhk

MotoGP 2018: Debon Punya Talenta Melatih Jorge Lorenzo

Alex Debon
Alex Debon

ManiakMotor – Prestasi pelatih nggak harus melebihi yang dilatih. Menjadi pelatih itu tanlenta tersendiri. Belum tentu juara MotoGP mulu lantas ahli melatih balap motor. Banyak di Indonesia nggak pernah juara nasional, tapi bisa menghasilkan juara nasional balap motor. Malah pernah tim sepak bola Italia dilatih yang nggak pernah jadi pemain bola. Karena melatih itu membangun mentalitas.

Begitulah Alex Debon yang ‘diminta’ Jorge Lorenzo untuk menjadi tutornya. Padahal dari segi prestasi, Lorenzo jauh di mana-mana deh. Si Debon itu belum pernah juara di MotoGP, lantaran karir terakhirnya hanya sampai di Moto2 dan sebelumnya di GP250.  Di sana pun nggak ada titel juara.

Sayang sampai saat ini Lorenzo belum memberi alasan tepat memilih Debon sebagai pelatihnya. Yang pasti, itu tadi, Lorenzo menganggap si Debon yang paling tepat. Dan mungkin disebut penasehat dari teknik dan mental tadi demi ambis Lorenzo bisa lebih cepat di atas Ducati.

Debon ini lebih tua 11 tahun dari Lorenzo walau keduanya sempat main bersama di era GP250 yang sama-sama pakai Aprilia. Debon kelahiran 1976 dan Lorenzo sendiri 1987. Kemungkinan juga sebelum Lorenzo memilihnya kedua ditenggarai sering bertemu dan Lorenzo manggut pada nasehat Debon yang asli Spanyol tersebut. Maka begitu, pelatih sama dengan guru. Guru nggak harus jadi pengusaha untuk melahirkan pengusaha. Miolo

BAGIKAN