nhk

MotoGP 2018: Diajari Marquez, Morbidelli Baca ’Kitab Suci’, Harus Rela Jatuh

Maniakmotor – Dari Moto2 ke MotoGP, adaptasi Franco Morbidelli diawali dengan serangkaian kecelakaan di sesi tes pra musim. Bukannya takut, ia malah siap jatuh-jatuhan lagi setelah diajari Marc Marquez. Justru harus rela jatuh alias celaka untuk jadi pintar.

Sebagai sesama pembesut Honda, MM memang tak pelit elmu buat rider baru tim Marc VDS Racing itu. Juara dunia Moto2 2017 itu diberikan akses membuka dan pelajari semua data teknis MM maupun Pedrosa tahun lalu.

Karena ia memang dapat jatah geber RC213V versi 2017 bekas dari Pedrosa dan Marquez. “Saya seperti baca kitab suci balap motor saat mempelajarinya. Benar-benar sebuah keberuntungan,” celetuk anak buah Valentino Rossi di VR Racing Academy itu.

Tak hanya itu, MM pun beri tip berharga buat Morbidelli agar bisa cepat beradaptasi dengan Honda. Caranya, harus berani hadapi risiko kecelakaan di lintasan. Untuk memahami motor, selongsong gas harus dibetot sampai batas maksimal. Sampai mentok, sampai paham betul limitnya.

Dalam upaya itulah yang namanya celaka pasti sudah tipis. Macam MM acap crash saat latihan maupun kualifikasi. “Sejatinya saya bukanlah seorang crasher di Moto2. Jarang kecelakaan. Tapi, sekarang saya mengerti, kecelakaan itu salah satu cara tercepat untuk memahami prilaku dan limit motor,” tambah Morbidelli yang bukan berarti diajari jatuh oleh Marquez.

Ia tadinya tak terlalu setuju dengan teori itu. Tapi, setelah lihat hasilnya maka ia pun sependirian. Bahwa memang, harus main di batas maksimal dan siap celaka untuk menyatukan rasa dengan motornya. (rnp)

BACA JUGA

Jelang MotoGP Qatar 2018: Dovizioso Lebih Favorit Dibanding Rossi dan Marquez

WSSP 300 2018: Mitra MotoX Dan Yamaha Indonesia, Galang Pembuka, Menyusul Yang Lain

Bos Ducati, Gatel MotoGP Ingin Segera Di Indonesia, Pengikut Sosdmednya 40% Kita

Sosok Zarco Bikin ‘Kacau’ Arena MotoGP 2018, Kelamaan Dilatih Di Hungaria

BAGIKAN