nhk

MotoGP 2018: Didikan Rossi Si Morbidelli, Bisa Lawan Marquez Kalau Motor Seimbang

 

ManiakMotor – Penampilan pertama Franco Morbidelli dengan tim Marc VDS menjanjikan. Lumayanlah pada hasil testing resmi pertama MotoGP di Valencia, Spanyol tahun lalu. Morbidelli ada di urutan 16. Itu terbaik bagi pendatang baru di MotoGP, di bawahnya ada Takaaki Nakagami.

Jangan heranlah Michael Bartholemy sebagai menajer tim dinaungi Morbidelli memujinya. “Morbidelli pembalap berbakat setelah Shinya Nakano yang pernah bekerja sama dengan saya,” sebut Bartholemy yang bukan menyepelekan Jack Miller dan Tito Rabat yang sebelumnya membela Marc VDS, hehe.

Kalau dia berbakat, harusnya diberi motor berbakat juga. Maksudnya, apa yang ada di HRC yang digunakan pabrikan, juga boleh digunakan Morbidelli. Jangan sampai seperti kasus yang bikin Miller dan Rabat alami. Kedua pembalap tersebut mengeluh karena sangat anak tiri di Honda.

Tahu sendirilah di MotoGP seperti dibilang para ahli macam Jermy Burgess, membuat joki juara 75 persen ada pada motor. Sisanya ya dari jokinya. Kalau itu motor itu tak terpenuhi akan berat mendorong pembalap berprestasi.

Andai Morbidelli diberi keluluasaan seperti Cal Crutchlow di LCR Honda, niscaya dia akan bisa naik ke papan atas. Walau seperti seorang Marc Marquez belum merekennya, semata Morbidelli pada 2018 ini murni menggunakan motor satelit Honda. Kamu tahu sendirilah, motor yang digunakan RC213V yang lebih tua setahun.

Namun Bartholemy menjamin bakat Morbidelli akan tersalurkan. Sebab katanya, pembalap tak akan bisa berhasil sendirian bila tanpa dukungan memadai, ya persis analisa di atas. “Para pendukungnya termasuk tim harus bekerja keras. Tim adalah bagian penting untuk menyuksekan bakat Morbidelli,” jaminnya.

Ya tunggu saja apakah sesuai omongannya. Miolo

BAGIKAN