nhk

MotoGP 2018: Dovi Sindir FIM, Sayap Dilarang “Lelucon”, Fairing Lebih Bahaya

Dovi, FP2, Valencia

ManiakMotor – Saat tes di trek Ricardo Tormo, Valencia, ada yang mengusik Andrea Doviziso. Terutama, penampilan Rossi dan Vinales dengan M1 menggunakan fairing baru yang bersayap. Dengan tegas ia menunjuk bahwa pelarangan sayap tahun lalu adalah “Lelucon”.

Bahkan runner up dunia itu dengan tegas menuding bahwa larangan itu untuk menyakiti kemajuan Ducati. Memang, skuad merah jadi pelopor pemakaian winglet pada 2015, namun akhir 2016 muncul larangan dengan pertimbangan membahayakan.

Tapi, dasar tim balap. Larangan itu masih bisa ‘diakali’ dengan fairing aerodinamis. Yamaha dengan ‘Goldenrate Style’ berupa winglet di dalam fairing dan satu lagi di depan tangan menyerupai lempengan emas. Tapi, di Valencia kemarin hanya fairing lawas dikasih sayap dan lebih tajam.

Desaing paling agresif justru Ducati yang disebut ‘Hammer head’. Bentuknya menyerupai kotak berada di sisi fairing. Dan menurut Dovi, fairing sekarang lebih berbahaya daripada winglet.

“Saya tidak ingin membuat kontroversi, tapi hanya ada satu kemungkinan interpretasi,” tegas DesmoDovi. Kami diberi alasan, lanjutnya bahwa sayap dilarang karena terlalu berbahaya. Nyatanya, fairing hari ini lebih berbahaya daripada sayap.

Mendengar ocehan Dovi, Vinales pun membela. Dirinya tidak  berpikir kalo sayap Yamaha itu ilegal dan tentu dibuat tidak melanggar aturan. Toh, Aprilia melakukan hal yang sama, termasuk juga Ducati. “Saya tidak tahu apakah itu sesuai peraturan,” tutup Vinales. Rezki

BACA JUGA

http://maniakmotor.com/klasemen-motogp-2017-moto2-moto3-2017/

 

BAGIKAN