nhk

MotoGP 2018: Dovizioso Tampil Bijaksana, Lorenzo Diharapkan Ambisinya

ManiakMotor – Dua kali Andrea Dovizioso tahun lalu duel rapat dengan Marc Marquez. Keduanya dimenangi Dovi dengan Ducatinya. Juga main ‘tipu-tipu’ di tikungan terakhir. Dovi terlihat sangat kenal dan membaca jurus dikembangkan Marquez.

Dia pancing dan biarkan Marquez masuk ke celah kecil, tapi dia hanya menunggu dan tidak memaksakan masuk bersamaan menutup celah. Hasilnya, keluar dari tikungan terakhir posisi Dovi jauh menguntungkan ketimbang Marquez. Marquez yang sudah kepancing akhirnya sudah mengorbankan kecepatannya, karena berharap main sempit, kalau perlu senggol-senggolan.

Itulah yang disebut Casey Stoner, salah satu penampilan Dovi yang bijaksana. “Masih banyak bijaksana yang lain membuat Dovi bisa enam kali juara seri tahun lalu. Contoh dia bijaksana betul untuk memanejemen bannya,” kata Stoner yang membandingkan Ducati tahun lalu dan sekarang yang katanya trik Dovizoso bisa makin jadi.

Bijaksana dalam membalap memang dipengaruhi jam terbang. Dovi salah satu joki yang lama bersama merek Italia tersebut. “Dia tahu kapan menyerang, kapan bertahan dan kapan memainkan akalnya keluar dari kemelut. Sangat bijaksana,” tambah Stoner yang mengaku motor 2018 seharunya membuat Dovi makin bijaksana berlomba, karena itu kelebihannya bisa bersaing tahun lalu.

Hanya saja, Stoner berharap banyak dari Jorge Lorenzo. Itu sudah pasti. Selain Lorenzo memang pembalap pertama, speksifikasinya dibandong Dovi mantan juara tiga kali juara dunia MotoGP. “Jujur saja, saya sangat berharap banyak dari Jorge,” lanjut Stoner yang artinya berharap banyak dari Lorenzo, salah satunya bisa juara dunia.

Dia yakin Lorenzo tahun ini sudah bisa membawa Ducati dengan alami. Maksudnya sudah terbiasa. Stoner makin berharap dengan prestasi Lorenzo yang tercepat di testing Sepang baru lalu dengan rekor tercepa pula. “Saya tahu Lorenzo sudah bekerja keras untuk membiasakan dengan Ducati, terutama penggunaan ban,” pungkas Stoner yang ditanyakan kapan balap lagi, tapi katanya walau ada keinginan lihat-lihat dulu. MM

 

BAGIKAN