nhk

MotoGP 2018: Ducati Bisa Atasi Dua Masalah Pada Desmosedici, Juara Dunia Direbut

ManiakMotor – Bos tim Ducati Corse, Gigi Dall’lgna sudah ‘mentitahkan’ bahwa Desmosedici GP18 harus diperlakukan halus. Artinya, jelas gaya menunggang terarah kepada Jorge Lorenzo. Skuad Borgo Panigale sudah siap meladeni dua arah (gaya balap yang beda) yang tidak terlalu sejajar.

Bukan rahasia lagi kalo Desmosedici dikenal liar, tenaga besar, stabil kala mengerem keras, ngerem di tikungan baik, dan akselerasi bagus. Buktinya, dari dua kali Dovi duel sama Marquez di tikungan terakhir, ke luarnya dimenangkan pembalap Italia.

Tapi, Desmo GP17 punya kelemahan saat berada di dalam tikungan. Fase antara usai mengerem dan akan ke luar tikungan. “Nah, daerah tersebut Desmo tidak bisa diperlakukan kasar. Dan bagian pojok itu sangat penting bagi Jorge. kami tahu betul bahwa kecepatan di tikungan jadi keuntungannya. Jadi, ia butuh cepat saat berada di tengah tikungan,” jelas Cristian Gabbarini, Chief Engineer Lorenzo.

Makanya, Gigi merekrut Lorenzo karena ingin juara dunia tiga kali bersama Yamaha itu bisa memperlakukan Desmo secara halus. Soal Dovi yang beda karakter, Gigi beserta para insinyur sudah menyiapkan Ducati GP18 untuknya.

Dari rekam balap selama musim 2017, tinggal dua masalah utama pada Desmosedici yang harus dibenahi para insinyurnya. Pertama, pengiriman tenaga V4 begitu gas dibetot ke sasis harus halus. “Karena, sasis membuat suspensi dan ban bekerja. menurut saya, kekakuan sasis adalah bagian penting untuk membuat motor berbalik dan menjadi cepat,” papar Gabbarini.

Kedua, torsi putaran bawah. Nenurut Gabbarini, itu saling terkait dengan kekakuan sasis. “Jika Anda bisa mengerem dengan sangat baik dan menikung baik akan berada pada posisi yang berbeda di tengah tikungan saat membuka gas. Kemudian, jika Anda membelokkan motor melewati tikungan keteika mengangkat motor dibarengi dengan pengiriman tenaga kasar tidak menjadi masalah,”lanjutnya.

Sekiranya Ducati bisa mengatasi dua kelemahan itu, maka Desmosedici bisa merebut mahkota juara dunia yang terakhir kali dipersembahkan Casey Stoner 2007. Tinggal, Dovi atau Lorenzo. Rezki

BAGIKAN