nhk

MotoGP 2018: Ducati GP18 Satu Model Rangka, Tunggu Pengesahan Winglet M1

Dovi, Valencia, Motogp race

ManiakMotor – Dari cerita bos Ducati, mereka cukup menggunakan satu model rangka untuk dua pembalapnya. Walau ditenggarai gaya Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso berbeda, rangka tetap satu. Hanya saja mereka masih menunggu perkembangan winglet M1 yang digunakan di Valencia. Lho apa hubungannya?

Winglet Yamaha M1 di test resmi Valencia 2018 juga lagi ditunggu

Berarti keduanya ada hubungan, rangka dan winglet pada Ducati adalah penentu cukup satu frame di GP18. “Tidak ada opsi dua frame yang dikembangkan bersamaan. Memang benar  Jorge sering kesulitan dalam memasukan motornya di tikungan, tapi itu hanya masalah gaya pengereman,” sebut Paolo Ciabatti si manajer tim Ducati.

Iya sih. Telah ada buktinya, Andrea Dovizioso bisa menang 6 kali dan nyaris juara dunia 2017. Itu ketimbang menghabiskan dana riset untuk dua karakter sasis. Di saat sama, tahun ini Ducati kudu mengalokasikan dana untuk nego kontrak dari prestasi Dovi 2017. Maksudnya nego untuk 2019-2010. Lebih baik meneruskan yang ada pada Dovi. Tul nggak…? Dan Lorenzo yang dibayar mahal kudu ikut.

Namun agak berbeda dengan  Cristian Gabarrini yang jadi kepala teknisi Lorenzo. Dari segi teknis omongannya boleh dipercaya. Segi pendanaan tentu lebih mendengar Ciabatti. Menurut Gabarrini, sangat berguna meriset dua rangka beda karakter. “Pengembangan akan lebih kaya masukan tekniksnya,” alasan Gabarinni.

Lalu apa hubungannya dengan winglet Yamaha? Adalah…! Ducati – terutama Ciabatti – masih menunggu perkembangan soal regulasi, apakah memperbolehkan M1 menggunakan winglet seperti mereka gunakan di Valencia. Saat itu, winglet M1 memang besar-besar, mirip dengan sayap 2016 Ducati.

Kemungkinan, kalau winglet itu lolos, Ducati akan ikut dan pendapat Ciabatti yang satu frame atau rangka akan diterima. Tapi kalau winglet Yamaha itu dilarang, otomatis Ducati nggak boleh ikutan, pertanda pengembangan rangka akan lebih variatif. Kan tahu sendiri, winglet ini jadi santapan empuk Ducati, lantaran mereka yang mempopulerkan aerodinamika atau ilmu menunggang angin tersebut. Miolo

BAGIKAN