nhk

MotoGP 2018: Ducati Marah Pada Dorna Dan FIM Soal AturanTesting

Ducati, tes Misano, MotoGP

ManiakMotor – FIM dan Dorna yang mengatur MotoGP memang melakukan perubahan testing. Tim nggak sesuka mereka melakukan tes pribadi atau privat. Contoh nih, pembalap yang melakukan test harus joki utama. Termasuk sirkuit yang digunakan untuk test harus dipakai dulu untuk seri berjalan, baru menyusul tes privat. Ada alasannya sih, agar tim – apalagi yang punya sirkuit sendiri – nggak curi start dalam set-up yang up to date. 

Pula, wild card untuk tester hanya diperbolehkan untuk tiga balapan. Padahal para tester ini  dibutuhkan masukannya demi pengembangan ketika balapan berjalan. Tugas itu nggak mungkin diserahkan pada joki reguler yang sibuk dengan strategi dewek-dewek. “Kami tidak setuju keputusan dari FIM dan Dorna yang tiba-tiba. Saya menentangnya,” emosi  direktur Tim Ducati Corse, Paolo Ciabatti.

Ciabatti punya alasan soal aturan yang sebenarnya dikeluarkan pada Oktober 2017 tersebut. Untuk itu, timnya harus menjadwal ulang testing yang isinya semua untuk pengembangan. Di saat sama juga harus memanejemen antara motor tim utama dan satelit.

Gigi Dall’Igna yang menukangi teknik Ducati mendukung penuh. Pada dasarnya doski setuju dengan namanya regulasi. “Tetapi tidak akan setuju bila bertentangan dengan prinsip tim. Apalagi cerita soal waktu yang semua dijadwal telah disusun dengan seksama untuk MotoGP 2018,” dukung si Gigi.

Lalu gimana dong, aturan juga dikeluarkan demi tertibnya peserta. Kalau diteliti sih aturan ini untuk keadilan lomba. Juga di dalamnya agar nggak timpang antara tim kaya dan tim apa adanya. Tapi sebelumnya selamat Tahun Baru 2018. Miolo

BAGIKAN