nhk

MotoGP 2018: Indonesia Tuan Rumah 2019 Atau…, Kenapa Molor?, Tilke Kasih Bocoran

ManiakMotor – Pengggemar motogp di Indonesia bertanya-tanya; “Jadi nggak sih motogp di Palembang (Sumsel) pada 2018.” Semakin bingung karena dalam kalender musim 2018, nama Indonesia tidak masuk, yang nongol justru Thailand. Kemudian, Presiden RI Joko Widodo bilang mau bangun sirkuit di Lombok.

Nggak usah bingung. Nih, tukang arsitek bikin sirkuit di dunia, Hermann Tilke dari Jerman kasih bocoran. Ia bersama perusahaannya Tilke GmbH & Co KG di Aachen termasuk yang bangun trek di kota pempek, Palembang.

Katanya, ia dan tim sudah lama mulai merencanakan. Karena batas properti telah berubah, tatak letak rute masih sedikit dimodifikasi. Sedang lintasan berjarak 4,321 km sedang dibangun sebagai bagian dari Asian Games, di mana Indonesia jadi tuan rumah pada Agustus dan September 2018.

“Adanya Asian Games, Palembang membangun kereta berkecepatan tinggi dari bandara ke pusat kota. Jika Anda menginap di kota, tinggal naik kereta monorail langsung ke trek atau ketika kembali ke bandara,” uarai Tilke.

Soal lintasan ditambahkannya, lebar trek lebih dari 4.276 meter. Terdapat tiga trek lurus dengan waktu putaran harus 1 menit 30 detik. Sedang kecepatan rata-rata 172 km/jam.

Molornya pembangunan sirkuit yang semula diharapkan bisa menggelar motogp bersamaan dengan Asian Games, menurut Tilke ada beberapa kendala. Pihaknya harus membongkar situs, kemudian areal trek berdekatan dengan venue dayung dan rawa. “Itu juga harus disatukan (dayung dan trek) sehingga tidak berada di bawah air. Ini mempersulit tugas kita,” keluh Tilke.

Soal motogp di Indonesia, katanya, dari sisinya tahun depan (2019) realistis. Tapi, apakah itu benar-benar bisa terlaksana atau mungkin 2020. Rezki

 

BAGIKAN