nhk

MotoGP 2018: Jarvis Ingatkan 6 Merek Soal Harga Joki 2019, Jaga Rossi Pensiun!

Vinales, Yamaha, motogp lead

ManiakMotor – Belum apa-apa bos Yamaha Lin Jarvis sudah mewanti untuk kontrak 2019, jangan perang harga. Ada enam merek yang ‘berkempetisi’ berebut joki terbaik untuk kontrak dua tahun, yakni 2019 – 2020. Kontrak tersebut mulai dinego pertengahan 2018 bahkan akan disusul kontrak.

Sesuai naluri Jarvis, diperkirakan harga kontrak akan berseliweran alias tak terkendali. Apalagi kalau setiap merek maunya yang superstar. Jika pasar saling tawar tinggi, hukum ekonomi bicara, nilainya joki di pasaran akan melambung dan akhirnya membebani tim?

“Intinya mereka yang harus mengendalikan pasar. Contoh, satu pembalap ditawar tiga merek, otomatis si pembalap yang akan punya posisi tawar. Nah ini harus kolektif mengatur dan bijaksana,” sebut Jarvis yang entah khawatir apa tiba-tiba bicara pasar joki. Bukan kah dia sudah punya Valentino Rossi yang setia?

Yamaha terlibat juga dalam kontrak-mengontrak di pertengahan 2018. Rossi dan Maverick  juga habis masa kontraknya. Bisa saja, Yamaha sudah siap dengan segala kemungkinan.

Misalnya Rossi tiba-tiba memutuskan pensiun, artinya Yamaha harus mencari superstar pengganti yang pasti nilai kontraknya tinggi. Ya, dana lagi, gitu. Semakin tinggi, bila harga pasar nggak terkendali seperti yang dibilang Jarvis. Miolo

BAGIKAN