nhk

MotoGP 2018: Kalau Airbag-nya Begini, Rossi Lupa Umur…!

ManiakMotor – Dainese sebenarnya pencetus air-bag pada bagian dalam baju balap atau racing suit. Valentino Rossi juga sudah menggunakannya sejak lama. Yang jelas saat dia jatuh 2010, itu airbag sudah mengembang pada bajunya. Coba perhatikan yang menyala ijo kedap-kedip di bahu kanan Rossi, itu sensor airbag.

Namanya sensor tentu bekerja kapan itu kantong udara pelindung mengembang. Dan perhatikan juga saat Rossi usai terjatuh, seluruh badannya seperti ditiup dari dari dalam, karena airbag yang mengembang. “Jujur saja, saat pertama kali menggunakan airbag, sangat tidak nyaman. Tapi sekarang sudah berkembang,” sebut Rossi saat bicara baju balapnya.

Sekarang peraturannya wajib menggunakan kantong udara. Wajib loh, dengan aturan yang lebih meluas pada bagian-bagian yang harus terlindungi. Seperti apa bentuknya tentu akan muncul berbagai versi. Sebab aturan yang semestinya, untuk opsional seluruh badan bisa dari ketentuan yang ditetapkan, coba baca ini.

Yang penting, kantung udara ini saat terpicu tidak sengaja ketika sesi berjalan, tidak mengganggu pembalap. Jangan sampai gara-gara elektronik  pengembungnya terpicu tidak sengaja atau eror, joki malah kerepotan. Termasuk seperti foto di atas alias mengembang di luar baju balap.

Kalau seperti itu, Rossi yang pakai Dainase pasti akan lebih percaya diri. Itu muncul, otomatis akan lebih laju. Berani gas besar. Bukannya bilang Rossi saat ini nggak berani, tapi penyakit yang nggak ada obat di dunia adalah umur. Dengan airbag seperti di atas, dia akan lupa umurnya, pasti bermain seperti belasan tahun, hehe. Apalagi kalau seluruh badan dilindungi airbag. Lha wong jatuh di kasur. Miolo

BAGIKAN