nhk

MotoGP 2018: ‘Kontrak Politik Bisnis’, Dua Rider LCR Honda Tampil Beda

Cal-Nakagami, LCR, Motogp

ManiakMotor – Musim 2018, tim satelit LCR Honda tampil dengan dua pembalap, Cal Crutchlow (Inggris) dan Takaaki Nakagami (Jepang) dengan  ‘baju’ (livery) beda. Cal Crutchlow identik sama pelumas dari benua biru (Eropa), sedang  Nakagami seperti dalam peluncurannya didukung pelumas asal negerinya.  Lo, kok bisa dua merek oli dalam satu tim?

Oh, bisa saja! Itu tergantung perjanjian kedua belah pihak. Untuk ‘kasus’ bisa disebut sebagai ‘kontrak politik bisnis’. Karena, tahun ini LCR tampil dengan nama (entry) LCR-Honda (tanpa spnosor). Artinya, sang pelumas bukan menjadi pendukung utama,  sedang pada Nakagami justru jadi sponsor utama.

Bagaimana pun perasaan tersinggung pasti ada pada pelumas hijau. Bukan tidak mungkin, nama oli tersebut menghilang dari bodi motor Cal musim dengan jika kontraknya habis.

LCR pun tidak bisa menolak pembalap Jepang dari Honda (HRC) yang merupakan anak didiknya. Ini berkaitan dengan kontrak Cal yang diperpanjang untuk musim 2018 dibayar oleh HRC (Honda Racing Corporation) dengan  status sebagai test rider.

Nah, dengan hadirnya Nakagami, LCR pun menyiapkan dua kubu dengan seragam berbeda. Lucio Cecchinello, sang bos LCR sudah membentuk tim untuk mengakomodasi pembalap 25 tahun itu. “Proyek ini, bersama dengan Cal dan datangnya Nakagami, tak lain pemenuhan ambisi kami di arena motogp,” ujar Cecchenillo.

Ini bukan pertama kali LCR dengan dua pembalap dan sudah pernah pada 2015 dengan formasi Cal dan Jack Miller. Karena kesulitan finansial, Jack pindah ke Marc VDS.

Taka – panggilan akrab Nakagami – merasa senang bisa gabung dengan LCR dan juga sama Cal. “Ia punya banyak pengalaman dengan mesin MotoGP. saya pikir saya beruntung punya dia (Cal) di garasi untuk mjusim depan,” akunya.

Dari Honda RC213V yang sudah dijajal, paling disukai girboks mulus. Kini, wakil Jepang untuk full series musim depan sudah ada lagi. Kita tunggu kiprah Taka yang untuk bisa mencapai ke motogp harus tinggal di Spanyol cukup lama. Rezki

BAGIKAN