nhk

MotoGP 2018: Kontroversi Winglet M1 ’18 Rossi-Vinales Tidak Disukai Regulasi

ManiakMotor – Pemicunya memang Yamaha M1 saat testing di Valencia tahun lalu. Saat itu Valentino Rossi dan Maverick Vinales menggunakan winglet yang gede-gede pada M1-nya. Yang lain pun ikutan saat testing di Sepang, Malaysia baru lalu, namun sudah mendesainnya seolah kesatuan dengan fairing.

Jadinya tinggal sayap M1 yang berdiri sendiri (eksternal) dan memang lebih menonjol. Kelihatannya sayap tersebut knock-down alias sewaktu-waktu bisa dicopot. Warnanya saja hitam yang belum seragam dengan livery body. “Honda dan Ducati nggak masalah dari aturan 2017. Tapi Yamaha harus menyesuaikan,” kata Craig Scarborough, pakar aerodinamika yang dikutip dari berita motorsport.

Craig mengklaim telah bercerita dengan direktur teknik MotoGP, Danny Aldridge. Direktur ini kurang happy dengan desain winglet M1. Maksudnya, Yamaha kudu mengatur ulang winglet yang menurut Rossi dan Vinales sangat cocot dengan motor mereka di Sepang.

Beda dengan Honda dan Ducati yang menurut si Scarborough menyatu dengan fairing. Honda lebih menitik beratkan pada bagian atas fairing. Sedangkan Ducati membentang kiri-kanan atas-bawah fairing.

Sebenarnya pada peraturan 2017, winglet harus internal alias menyatu dengan bodi. Tapi tetap kontroversi dan pabrikan pun selalu menyodorkan yang aneh-anhe untuk  menggoda aturan. Seperti milik M1 memang tersendiri seperti foto di motor Rossi. Hitam dengan pengikat tersendiri, berarti belum internal.

Cuma kalau sesi testing ada pelonggaran pada alat ini yang bebas digunakan kan. Lihat saja nanti saat lomba di mana aturannya sudah sangat tegak. Yamaha sendiri yang disorot belum memberikan tanggapan. Miolo