nhk

MotoGP 2018: Korban Rossi Berikutnya, Setelah Lorenzo Bakal Menyusul Tech3

Tech3, Yamaha, Motogp

ManiakMotor – Usia boleh tua, tapi pengaruh Valentino Rossi di motogp masih sangat kuat. Sampai-sampai bos Dorna, Carmelo Ezpeleta terus merayu agar The Doctor jangan hengkang dari panggung motogp. Karena, bendera dan topi kuning masih memenuhi tribun tertentu di setiap trek.

Itu dari sisi eksternalnya. Internal, di tim Yamaha omongan Vale masih didengar bangat. Korban pertama, Jorge Lorenzo sampai kabur ke Ducati. Apakah, ada lagi korban berikutnya?

Ada! kemitraan Yamaha dengan Tech3 sebagai tim satelit terancam putus. Ini bukan perkiraan, tapi ucapan langsung dari bos Tech3, Herve Poncharal. Nah, lo ada apa lagi!

Orang Prancis itu ‘mencium’ adanya pembicaraan Rossi dan Yamaha. Ya, kalo soal omong-omong itu sih biasa dan Rossi tentu harus ngomong  menyangkut enak-tidaknya M1. Ternyata, omongan di sini di luar itu, yakni lebih mengarah keinginan Rossi membentuk tim motogp.

Jika itu sampai terjadi dan tim Vale benar pakai mesin Yamaha, skuad Tech3 terancam. Karena, menurut Poncharal, tugas buat Yamaha punya enam motor balap (tiga tim). Mau tidak mau, garputala harus memilih salah satu di antara keduanya.

Padahal, Tech3 sudah jalan bersama dengan markas Iwata, Jepang itu sejak 2001. Kalopun harus cerai, Tech3 akan pilih Honda, Ducati, Suzuki, Aprilia atau KTM. Untuk tiga nama terakhir mungkin akan lebih cepat diterimanya.

“Baru-baru ini ada banyak pembicaraan tentang kemungkinan tim Rossi di MotoGP. Jika itu terjadi, mungkin tidak ada ruang untuk Tech3 karena akan sulit bagi Yamaha,” tutup Poncharal. Rezki

BAGIKAN