nhk

MotoGP 2018: ‘Kotak Salad’ Misterius Di Ducati, Kecelakaan Petrucci Hampir Menjawab

Salad box, Ducati, Motogp

ManiakMotor – ‘Kotak misterius’ yang disebut ‘salad box’ di ujung jok Ducati Desmosedici GP17 bikin penasaran banyak pihak. Selain para pesaing, tentu juga penggemar motogp di jagad raya ini. Apa gerangan isi dari kotak hitam tersebut?

Direktur Teknik MotoGP dari FIM Corrado Cecchinelli pun hanya bisa menduga isinya. Ia memperkirakan penyimpanan elektronik, peredam massa (mass damper) atau sejenis giroskop.

Orang-orang di Ducati tentu bungkam ditanyakan soal itu. Bahkan ketika Lorenzo terjatuh, begitu juga Dovizioso atau para pembalap satelit lainnya, tidak juga terkuak. Rasa penasaran pun terjawab saat Danilo Petrucci terjatuh saat tes pribadi di sirkuit Jerez, Spanyol, baru-baru ini.

Isinya, terdiri dari tumpukan kotak logam terhubung dengan beberapa perangkat elektronik. TV Dorna yang menyorot kotak di motor Petrucci yang kemudian disiarkan di situs resmi MotoGP, hanya bikin penasaran karena harus berlangganan.

Pakar teknis di paddock saat dimintai keterangan pun menjawab, “Jujur saja, berdasarkan gambar, saya tidak berpikir ada yang tahu persis apa isinya.”

Akhirnya, tebak-tebak buah manggis pun merebak. Ada yang ‘menuding’ tempat penyimpanan elektronik hingga eksotis (mass damper atau giroskop). Trus, ada yang bilang kalo kotak logam itu berfungsi menyalakan exhaust valve, tapi ukuran kotaknya harus lebih besar lagi.

Keyakinan paling banyak dari berbagai sumber merujuk pada semacam peredam massa gyroscopic. Jadi, rotasi yang digunakan untuk menahan kekuatan giroskop normal yang ada pada motor. Bingungkan! Lebih pasnya mungkin, perangkat itu sangat membantu meningkatkan handling (contoh, saat ke luar tikungan sangat ringan mengangkat motor). Atau fungsinya lain, menstabilitaskan mesin dampak dari getaran, pukulan atau tendangan. Rezki

BAGIKAN