nhk

MotoGP 2018: KTM Belum Tertarik Pada Bintangnya Marquez?

KTM, Star pit, MotoGP

ManiakMotor – Dipuji penampilan tahun pertama KTM di MotoGP. Mereka punya progress yang sangat cepat pada adu laju motor canggih MotoGP. Tinggal kontrak pembalap papan atas yang diisukan mengincar Marc Marquerz, niscaya langsung ada hasilnya.

Tapi soal kontrak bintang ini dipatahkan oleh Pit Bairer yang mengepalai KTM Motorsport. Katanya merek dari Austria ini belum tertarik mengontrak ‘superstar’. “KTM lebih fokus pada pengembangan. KTM masih butuh itu, belum ada niat mengontrak pemain bintang,” sebut Bairer yang berusaha bikin adem gosip saat ini.

KTM juga punya alasan kuat yang selalu memunculkan pembalap bintang, ketimbang mengambil yang sudah jadi. Beda memang yang sudah jadi dan dicetak sendiri. Kalau sudah jadi orang, pasti mahal. Sedang yang dipelhara sejak awal jatuh-jatuh murah.

Ditambahkan, sebelum KTM terjun di MotoGP, mereka sudah puluhan tahun menciptakan pembalap. Banyak pembalap yang bersinar sekarang umumnya dari KTM yang didukung Red Bull. Bukan hanya era 4T, tapi sejak 2T yang menggunakan KTM 125 cc.

Jadi itu alasan KTM nggak perlu mencari bintang, tapi menciptakan bintang. “Itu penting, karena ada enam merek saat ini di MotoGP. Mereka butuh pembalap dan KTM yang menciptakannya,” tambah Barier yang jawabannya telak juga, bahkan termasuk Marquez yang dicetak dari Red Bull KTM.

Diperkuat CEO KTM, Stefan Pierer yang katanya  tidak akan tergoda mengajukan tawaran pada Marquez. Dia yakin dengan program mereka seperti Marquez yang besar dari Red Bull Academy KTM yang lebih baik. “Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pembalap seperti Marquez. Lebih baik mendidik sesuap program KTM,” kata si CEO.

Ini juga untuk sementara meredam gosip, bahwa Marquez dirayu KTM. Kan dibilang sementara, sebab hari ini dan besok beda ceritanya. Miolo

BAGIKAN