nhk

MotoGP 2018: M1 Masih Sayap Maka Dianulir, GP18 Dan RC213V Sudah Aerodynamic

ManiakMotor – Silakan lihat sendiri yang disebut winglet atau sayap dan sekarang disebut perangkat aerodynamic. Keduanya sama saja tuh, tetap saja menjadi tumpangan angin untuk mengubah gaya tekan (down force) ke lintasan.

Awalnya winglet yang dipopulerkan Ducati untuk mencegah whellie agar akselerasi motor terus berlangsung. Pembalapnya tak perlu banyak mengoreksi rem dan gas agar motor kembali melaju dengan dua roda. Tapi, sayap ini dianggap bisa menebas pembalap bila terjadi kecelakaan. Nggak aman katanya.

Maka aturan masuk 2017 peranti ini harus menyatu dengan fairing. Tapi namanya regulasi, ada celah sikit langsung dimanfaatkan. Seperti yang terjadi di tes Sepang baru lalu, sudah nggak jelas mana yang diizinkan dan mana yang tidak? Lha itu pada muncul dengan winglet eh aerodinamika besar-besar.

“Yang tidak diizikan adalah perangkat yang punya efek aerodinamis yang menonjol dari pada kesatuan fairing atau bodywork. Tidak terintegrasi dalam bodi misalnya sayap, sirip dan sebagainya yang punya fungsi pada down force,” sebuat direktur teknik MotoGP Danny Aldridge.

Makanya yang digunakan kemarin yang katanya tidak menyalahi aturan milik RC213V dan Ducati. Kedua motor ini sudah tak disebut sayap lagi tapi bagian dari aerodimisnya sekalian untuk sirkulasi udara pada mesin. Kedua merek tersebut telah terintegrasi dengan bodi yang disebut alat aerodinamika tadi.

Berbeda dengan milik M1 yang muncul pada testing kemarin adalah knock down. Tidak menyatu dengan bodi dan ujung-ujung sayapnya masih menonjol alias tidak segaris dari fairing keseluruhan. Sehingga disebut keluar dari format aturan. Kendati para insinyurnya belum ‘mengakali’ misalnya disatukan dengan fairing atau warnanya juga sudah biru-putih? Tunggu saja apa yang dibawa M1 saat di Buriram. Sebab alat pemboceng angin ini, pada M1 sudah ada sejak tes Valencia lalu.

Jujur saja seperti ulasan di Crash, patokan aturannya belum jelas betul, sehingga peserta punya asumsi dewek-dewek pada alat ini. Solusinya untuk 2019, harus ada ukuran maksimal dan minimum dengan ukuran angka, bukan lagi disebut internal atau menyatu dengan fairing. Supaya jelas gitu loh. Miolo

 

BAGIKAN