nhk

MotoGP 2018: M1 Rossi Diluar Kendalinya, Maksudnya Apa?

46 Rossi Jepang 2017b

ManiakMotor – Suatu ketika entah kelepasan cerita atau memang ceplas-ceplos, Valentino Rossi mengklaim bahwa Yamaha M1 2017 di luar kendalinya. Maksudnya, pengembangan M1 tahun lalu itu – karena sekarang sudah 2018 – nggak bisa dia utak-atik. Maka hasilnya adalah buruk.

Dari omongan Rossi tersebut bisa diambil kesimpulan ada instruksi dari luar tim yang seolah memaksa Maverick Vinales kudu diutamakana. Tapi itu sudah diklarifikasi sendiri oleh Rossi.

Tapi di luar kendali ini memang bikin penasaran. “Sebab semua solusi sudah dijalankan, tapi malah situasinya semakin buruk,” sebut Rossi yang tak habis-habisnya mengulas M1 2017 walau serialnya sudah selesai. Maklum  karena dengan motor tersebut prestasi terburuknya sepanjang bersama dengan Yamaha.

Kalau boleh portal ini mengajari burung terbang alias kasih solusi pada yang pintar-pintar itu, dalam semangat tahun baru berpegang pada istilah forged (lupakan), forgive (ampuni) dan forgo (tinggalkan). Harus melupakan M1 tahun lalu dan memang wajib dilupakan. Ampuni saja yang merancangnya. Tinggalkan yang buruk ambil yang baik, hehe.

Faktanya dan isunya memang Yamaha akan kembali memanfaatkan pengalaman Rossi untuk membangun M1 2018. Berarti juga tidak akan tergoda lagi oleh testing pramusim seperti tahun lalu. Tahun lalu kan, Maverick Vinales menggoda mereka memang ‘wajib’ didukung lewat performanya sejak pertama kali duduk di jok M1 saat test pramusim.

Rossi sendiri sudah meluruskan bahwa tak ada perpecahan di tim Yamaha. Bahwa dia dan Vinales bersama kru masing-masing, termasuk yang di markas racing Yamaha di Iwata, Jepang, baik-baik saja. “Sedangkan pengembangan M1 2018, masih akan melakukan test resmi yang ada ukurannya,” sebut Rossi yang juga belum menentukan gabungan mesin terbaru dan rangka 2016.

Tapi namanya pengembangan semua referensi dikumpul dan diaduk jadi satu. Jangankan yang M1 2016, bisa saja unsur-unsur terbaik sebelumnya akan dimasukan. Namanya juga ilmu melajukan motor, apa saja bisa dibikin yang diambil paling oke, belum pakai oce. Miolo

BAGIKAN