nhk

MotoGP 2018: Marquez Akan Menang Juga DI Ducati, Kompor Max Biaggi

93 Marquez 2017

ManiakMotor – Dua pembalap kuat zaman now berani pindah tim sekalian dengan kontrak juara. Siapa lagi kalau bukan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Paling tidak itu contoh yang kamu bisa saksikan di era sekarang. Lorenzo sedang berjuang dengan Ducati dan Rossi telah merasakan pahitnya di merek Italia tersebut. Tapi Rossi pernah punya fakta bahwa dia bisa juara dengan merek beda. Kan awal karir di MotoGP dia bersama Honda. Malah tiga juara dunia didapat di situ.

Tantangan itu yang sekarang digulirkan pada Marc Marquez. Dia harus bisa membuktikan, bukan hanya di Honda menjadi jagoan, tapi dengan motor berbeda pula. Saat ini yang tersedia ada Suzuki, Ducati, Aprilia dan KTM?  “Paling siap Ducati. Saya rasa, di Ducati dengan kondisi sekarang, Marquez akan sama kuat saat dia naik Honda,” sebut Max Biaggi yang mantan pemain MotoGP dan pernah juara dunia GP250 berkali-kali itu dan sampai umur tua di WSBK.

Maksud Biaggi, ayo bila mau pindah segera, jangan ditunda. Sebab dia memprediksi, cara bermain Marquez ini paling tahan hanya sampai umur 28 – 30 tahun masih berprestasi. Lebih dari itu, dia nggak tanggung jawab, hehe. Boleh dikata, walau nggak diucapkan Biaggi, ibarat pemain bolah bertipe sprinter yang cepat digerogoti usia.

Andai dengan umur sekarang Marquez 24 tahun, akan lekas menyesuaikan dengan Ducati. Juga nggak berlama-lama diracuni karakter motor satu merek yang menjadi kendala saat pindah beda produk, kalau ketuaan.

“Coba lihat Jorge (Lorenzo). Bukan perkara mudah buatnya setelah 9 tahun dengan Yamaha, lantas sekarang disuruh kencang dengan Ducati. Dia sudah berusaha, tapi hasilnya boleh dilihat bersama pada serial 2017,” sebut Biaggi yang berbicara dengan media Italia.

Sekarang tinggal tergantung Marquez, mau nggak dikompori? Marquez lima tahun di MotoGP sudah empat kali juara dunia. Dia terima tantangan atau tidak. Lagian belakangan ini dia memang diisukan lebih baik menguji skill di merek berbeda. Miolo

BAGIKAN