nhk

MotoGP 2018: Pimpinan Tim Pabrikan “Lempar Petisi”, Tolak Pembalap Superbike

cal, tim, motogp
Cal Crutchlow, pembalap SBK dengan dua kemenangan tahun lalu

ManiakMotor – Para pimpinan tim motogp melemparkan ‘petisi tidak tertulis’, baik kepada FIM maupun Dorna (penyelenggara sirkus motogp). Intinya, mereka menolak kedatangan pembalap superbike masuk dalam kancah kelas utama motogp dengan alasan yang tegas.

Keresahan dan penolakan berawal dari diangkatnya nama Jonathan Rea setelah berhasil merebut juara dunia superbike ketiga kali secara berturut-turut. Kemudian saat tes di Jerez, lalu di mana motogp digabung sama SBK, kecepatan Rea dengan Kawasaki sanggup melewati Iannone dan jadi tercepat.

Para pimpinan tim. Lin jarvis (kedua dari kanan) dan Paolo Ciabatti (ketiga dari kiri)

Rea sendiri pernah  mencicipi balap motogp 2012 sebagai pengganti Casey Stoner pada 2012 dengan finish ke-7 (Aragon) dan ke-8 (Misano).

Cal Crutchlow contoh sukses lain dari kampus SBK yang disodorkan. Dengan menuai dua kemenangan tahun lalu, meski musim ini melempam, pembalap asal Inggris ini masuk daftar pesaing di depan. Dan Cal bukan yang pertama dari deretan juara dunia masuk motogp.

Sebelumnya, ada Colin Edwards, Troy Bayliss, Ben Spies, dan Loris Baz yang semuanya tidak secemerlang Cal. Terakhir, masuknya van der Mark menggantikan posisi Jonas Folger yang sakit. Memang, kepindahan para pembalap SBK itu tidak sampai ke tim pabrikan, namun dinilai telah ‘memutuskan jenjang jalur’ rekrutmen.

Lin Jarvis, orang nomor satu di Yamaha berkomentar tegas. “Bakat yang masuk ke kelas utama harus melewati proses dari moto2 dan moto3. Superbike merupakan pengecualian.”

Yamaha sendiri sudah menjalani kerja sama dengan VR46 Riders Academy melalui program Master Camps untuk membangkitkan pembalap Asia. Di luar itu, Dorna pun siap membawa pembalap ke paddock motogp dengan ajang CEV, Rookies Cup, Asia Talent Cup, dan Britisdh Talent Cup.

Paolo Ciabatti selaku direktur sport menguatkan pernyataan Jarvis. Katanya, lebih mudah mengelola para pembalap muda di kejuaraan ini. Rezki

BAGIKAN