nhk

MotoGP 2018: Rossi Kembali Pede, Berani Nggak Takut Jatuh, Ada Airbag..!

Rossi, tes sepang, motogp

ManiakMotor – Para pembalap di MotoGP diprediksi makin berani buka gas dengan aturan baju balap wajib pakai airbag. Percaya diri mereka akan tumbuh banyak. Ngegas nggak ragu-ragu. Tahu sendirilah kalau sampeyan pernah jadi pembalap, jatuhnya di kasur pasti berani tarik maaang…

Itu yang dikatakan Loris Capirossi yang menjabat urusan safety  di MotoGP. Katanya aturan airbag di baju balap telah menyeluruh pada bagian-bagian penting di tubuh pembalap. Juga akan muncul opsional airbag yang lebih canggih, selain yang diwajibkan oleh aturan.

“Bukan seperti sebelumnya hanya tertentu. Pada aturan baru semua ‘dipaksa’ untuk keamanan pembalap. Saya yakin, pembalap akan lebih berani dan nggak takut jatuh. Makanya seperti seorang Valentino (Rossi), dia akan muncul sebagai pembalap yang punya percaya diri tinggi,” sebut Capirossi yang kembali menjagokan Rossi di era baju balap lebih aman.

Pengamatan Capirossi ini berdasarkan dari Marc Marquez. Katanya Marquez berhasil membangun motor siap pakai saat lomba, lantaran nggak takut jatuh. Dia bisa mem-push motornya selalu di atas limit, walau risikonya jatuh. Namun dengan cara itu, mekaniknya mudah menemukan setelan motor seusi sirkuit yang dipijak.

Makanya menurut Capirossi, seperti Rossi yang sudah 38 tahun dan saat serial 2018 sudah 39 tahun akan muncul percaya dirinya. Mungkin muncul nggak takut juga sehingga permainannya yang penuh teknik dengan alami boleh digunakan. “Makanya saya berani menjagokan dirinya lagi,” pungkas Capirossi yang mantan joki dari Italia ini. Miolo

BAGIKAN