nhk

MotoGP 2018: Rossi ‘Panik’, Elektronik M1 Belum Ditaklukan, Pensiun Urus VR46?

Rossi pakai ban basah

ManiakMotor – Rumit dan panik! Begitulah berita berbahasa Italia yang menggambarkan Valentino Rossi usai tes Thailand. Di sirkuit Buriram, para insinyur Jepang belum bisa menaklukan elektronik Magneti Marelli. Bisa dilihat pada data yang boleh dibilang, M1 kalah dari semua pabrikan.

Sementara, serial sudah dekat, tinggal ada satu testing di Qatar yang artinya usai itu mesin harus disegel. Itu pun kalau berhasil dipecahkan. Kalau sudah begitu, tak bisa diapa-apakan lagi. “Kita lihat apa yang akan terjadi dengan elektronik di tes Qatar. Seri MotoGP sudah sangat dekat,” sebut Lin Jarvis seolah membenarkan itu.

Rossi sewajarnya ‘tertekan’ lantaran dia yang ditugaskan mengembangkan M1 tahun ini. Sampai saat ini apalagi parameternya tes Thailand masih kalah dari lawan. Usai Thailand itu, Rossi punya alasan, “Bahwa satu-satunya pabrikan yang konsisten saat tes Sepang dan Thailand, hanya Honda,” sebut Rossi ketika itu yang artinya target lawan-lawannya sudah bisa dipetakan.

Dalam keadaan begitu yang terkini, Rossi pun lebih banyak cerita VR46 Riders Academy saat ditanya masa depannya. Nggak cerita pensiun, tapi langsung mengenang murid pertama VR46. Siapa lagi kalau bukan Marco Simoncelli, “Dari dialah (Simoncelli) VR46 Riders Cademy berdiri,” kenang Rossi sembari menceritakan silsilah VR46 yang murid keduanya Franco Morbidelli, lalu ada Luca Marini dan seterusnya.

Rossi juga mengenang Simoncelli yang membuat dia sampai sekarang masih berjuang di MotoGP. Kamu tahu sendiri, selain murid, justru Simoncelli tertumbuk roda depan Ducati Rossi ketika insiden di Sepang yang bikin Simoncelli jadi almarhum.

Apakah itu tanda-tanda pensiun? Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi, soal kontrak Rossi dengan Yamaha untuk edisi 2019-2020. Yang ada malah isu, VR46 akan menggantikan Tech3 sebagai tim satelit. Bisa saja kan, Rossi punya tim sekaligus pembalapnya. Miolo

BACA JUGA

Tech 3 Berpisah Dengan Yamaha 2019, Penggantinya VR46, Wah…!

Gile Nih…. Video Pembalap MotoGP Banting-Banting Helm, Terjadi Di Indonesia

Bagnaia Naik Ke MotoGP 2019-2020, Murid Kesayangan Rossi

MotoGP 2018: Dovizioso Sebut Marquez Yang Paling Cerdas Saat Ini

BAGIKAN