nhk

MotoGP 2018: Rossi Perpanjang Kontrak Yamaha, Zarco Dan Poncharal Tersinggung?

Maniakmotor – Selain masa depan yang lebih nyaman bersama pabrikan (KTM), ternyata faktor Valentino Rossi ikut jadi sebab. Sebab tim satelit Yamaha Tech3 kabur ke lain hati. Akhir tahun ini adalah musim terakhir mereka di kubu biru tersebut.

Itu disampaikan oleh Herve Poncharal, team owner Tech3 asal Prancis. Musim 2017 ia bangga banget dengan kiprah Johann Zarco. Anak Perancis yang satu negara dengan Poncharal itu, sang rookie of the year. Zarco beberapa kali merepotkan anak pabrikan (Rossi dan Vinales) di trek.

Juara dunia Moto2 2015 dan 2016 itu mampu podium meski pakai motor lawas. “Johann sudah perlihatkan kelasnya. Ia pantas dapat spek motor setara pembalap pabrikan untuk musim 2018. Paling tidak seperti yang dilakukan rival (Honda untuk Cal Crutchlow dan Ducati untuk Danilo Petrucci). Tapi, itu tak akan pernah terjadi di Yamaha,” katanya.

Sebagai sesama satu bahasa dan tumpah darah, Poncharal tentu ingin Zarco naik status jadi pembalap pabrikan pada musim berikutnya. Dan, itu ia rasakan tak mungkin terjadi di Yamaha. Pasalnya, Maverick Vinales sudah teken kontrak hingga 2020 dan The Doctor ia yakini juga sudah melakukan deal, walau belum diumumkan.

“Valentino aset penting Yamaha maupun MotoGP. Tak ada kesempatan Johann ke tim pabrikan. Ketika ada tawaran pabrikan lain (KTM) dengan paket khusus, kami sulit menolaknya. Itu yang saya dambakan sejak dulu. Johann juga senang,” lanjut Poncharal yang juga mensinyalir Sky VR46 Racing Team milik Rossi sangat berpeluang jadi timsatelit Yamaha berikutnya.

Untuk tim VR46, Rossi telah membantah. Itu tak akan terjadi sepanjang dia masih ikut balapan. Tapi sampai kapan terus balapan? Itu yang tidak terucap dari Rossi yang bicara g usai tes Qatar lalu. Dia beri tanda-tanda belum akan pensiun, entah setahun atau dua tahun lagi.

Meski belum ada pengumuman resmi, Tech3 dipastikan gabung dengan KTM pada musim 2019. Statusnya satelit tapi dua pembalapnya akan disokong motor spek pabrikan, sama dengan milik pembalap pabrikan Austria. Peran KTM yang juga main di kelas Moto3 dan Moto2 ikut menambah gairah Poncharal karena ia juga punya tim di kelas ringan dan menengah itu. Beda dengan Yamaha yang hanya fokus di MotoGP. (rnp)

BAGIKAN