nhk

MotoGP 2018: Rossi Tes Mugello Oke, M1 Di LeMans Selalu Mantap

ManiakMotor – Pengakuan Yamaha testing mereka di Mugello lumayan sukses. Itu menjadi amunisi tambahan di sirkuit Lemans, Prancis yang acaranya 18-20 Mei 2018. Yamaha bila membalap di Lemans selalu punya kans, sirkuitnya M1 dalam tiga tahun beruntun.

Diperkuat ucapan Valentino Rossi, di atas kertas Yamaha M1-nya selalu cepat di Lemans. Tahun lalu dia hampir juara, sayang beberapa tikungan jelang finish jatuh dan juara pindah ke teman setimnya, Maverick Vinales, “Biasanya Yamaha akan bekerja dengan baik di Lemans. Akan tetapi, itu harus dilihat kembali, karena lawan tidak diam, mereka juga maunya cepat,” papar Rossi.

LeMans memang bersahabat dengan Yamaha dengan kondisi saat ini. Suhu di LeMans nggak tinggi-tinggi amat yang jadi musuh utama M1 dalam setahun. Suhu dan cuaca di LeMans terkenal akan kesejukannya. Tahun lalu saja saat lomba siang bolong yang kadang menyiksa saat puasa di Indonesia,  di Lemas suhu sekitar 21ºC dan lintasan 37ºC.

Paslah buat M1 dan membuat Vinales dan Rossi tahun lalu kejar-kejaran di depan. Sayang saja, Rossi jatuh di last lap. Tahun ini akan kembali sama, karena suhu di sana memang begitu iklimnya, “Sejauh ini ramalan cuaca kelihatannya bersahabat. LeMans cocok buat motor dan dua pembalap Yamaha. Tahun lalu Vinales juara dan Rossi sudah berkali-kali podium di sini,” dukung Massimo Meregalli, si bos Yamaha.

Asal jangan hujan. Situasi akan kembali menyerang dua pembalap Yamaha andai lintasan lembab. Kan panas dan hujan sama saja licin buat M1, “Tapi kami tidak khawatir. Saat tes lalu di Mugello, kami sudah dekat dengan lawan,” timpal Vinales yang terlihat sangat percaya diri usai tes minggu lalu.

Lihat saja apa yang akan terjadi. MM

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

BAGIKAN