nhk

MotoGP 2018 : Rossi Tolak M1 2017, Senjata Empuk Bos Yamaha Tech3 Buat Zarco

Zarco, Motogp, Prancis

ManiakMotor – Permintaan Rossi untuk menyingkirkan M1 2017 dijadikan senjata oleh Herve Poncharal. Bos tim satelit Yamaha Tech3 itu menganggap pembalapnya Johann Zarco layak mendapatkan M1 spec 2018 untuk musim depan.

Bukan tanpa alasan Poncharal berani ‘ngocol’ ke tim pabrikan. Prestasi pembalap asal Perancis dengan meraih ‘rookie of the year 2017’ dan dua kali finish kedua jadi alasan kuatnya. Bahkan dalam beberapa balapan, Rossi dan Vinales sempat dibikin repot.

Padahal, ia menunggang M1 2016. Nah, dengan penampilan selama 2017 itulah mendorong spekulasi bahwa dia layak diberi M1 2018. Terlebih, Rossi sendiri menasehati juara dunia dua kali moto2 itu untuk menghindari mesin 2017 yang bermasalah jika ditawarkan padanya.

Yamaha sendiri belum mengkonfirmasi motor mana yang akan diberikan pada Zarco untuk 2018. Poncharal yakin jika Zarco dapat motor pabrikan bisa menguntungkan kerja tim dan timnya sendiri.

“Jelas bagi kami (Tech3), buat pembalap, itu sangat bagus. Sekalian untuk Yamaha juga,” tegas Poncharal. Ia mengambil contoh di moto2, Kalex begitu sangat kuat lantaran banyak dipakai pembalap. Tentu, informasi akan banyak diterima.

Persoalannya, apakah Zarco menyadari saat diberi M1 2018, kasta dirinya berada di bawah Rossi dan Vinales. Bukan tidak mungkin, istilah pepatah ‘pagar makan tanaman’. Bisa-bisa kedua pembalap pabrikan itu jadi korban keganasan Zarco yang ingin secepatnya bisa menyandang juara dunia.

Poncharal sendiri tidak bisa menahan Zarco saat kontraknya habis pada 2018. Karena, KTM sudah mengincarnya pada 2019. Lain persoalan, Yamaha mau melakukan seperti Honda terhadap Cal Cruthclow sebagai test rider. Rezki

BAGIKAN