nhk

MotoGP 2018: Sirkuit Rio Hondo Argentina Rasa Italia, Rossi Layout Jenaka, Tango..!

MotorGP, Argentina, komentar

ManiakMotor – Asal tahu saja Brosist, Autodromo Termas de Rio Hondo, di Argentina  diarsiteki oleh orang Italia. Berarti rekan senegara Valentino Rossi, Andrea Dovizioso dan semuanya pembalap Italia. Namanya Jarno, mirip dengan nama Jawa. Tapi ini ada Zaffelli, lengkapnya Jarno Zaffeli.

Jarno mendesainnya sirkuit di tanah 150 hektar jadi 14 tikungan yang 9 ke kanan dan 5 ke-kiri dengan trek lurus 1076 meter. Trek lurus itu sendiri sebenarnya nggak benar-benar lurus. Tikungan-tikungannya juga bersambung dan mendadak berubah arah.

Coba amati baik-baik dari turn  (T)9 ke-T10 lagi asyik nikung kiri tiba-tiba tekuk kanan, semacam jebakan chicane. Atau lepas dari T11 sudah harus mengarahkan motor ke-T12 dan bersambung ke-T13. Belum Lepas dari T13 langsung ubah kemiringan motor dengan tajam di T14. Sama juga dari T1 ke-T2 sampai T3. Yang mantap T7 yang disambut T8.

Mirip menari Tango, tapi kok orang Italia yang bikin? “Makanya saya sebut, layout sirkuit ini rada jenaka. Yang pasti teknikal sekali,” komen Valentino Rossi. Dia bicara begitu ketika sirkuit ini dipergunakan pertama kali pada 2014. Bukan berarti sembari mengitari sirkuit Rio Hondo doski ngakak dengan wkwkwkw… kan lucu! Rossi sendiri kecuali 2014 selalu podium di situ dan 2015 juara.

Argentina sendiri sempat 15 tahun tidak menggelar balapan motor prototipe. Dulu sering diadakan di sirkuit Buenos Aires. Mereka malah melaksanakan sejak 1961. Sekelas Rossi yang jam terbangnya sudah sangat tinggi pernah ikut GP250 pada 1998-1999 di Argentina.

Tahun lalu de Rio Hondo dijuarai oleh Maverick Vinales. Herannya nama Vinales nggak satu pun tercatat di sirkuit tersebut sebagai pemegang rekor. Yang ada di sana adalah Marc Marquez dan Valentino Rossi. Ada juga nama Hector Barberra yang mencetak top speed. Silakan lihat di screenshot.

Dan ayo jadi saksi tarian Tango dari desain sirkuit lucu ini. Yakin  ada perubahan-perubahan rekor di sirkuit itu minggu ini yang race-day 8 April 2018. Sedang sesi FP1 sudah dimulai 6 April 2018. MM  

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2018, Moto2, Moto3 2018

Jelang MotoGP Argentina 2018: Pedrosa ‘Dilengserkan’, Penggantinya?

Jelang MotoGP Argentina 2018: SDM Elektronik Yamaha Kurang, Dibanding Ducati Dan Honda

Jelang MotoGP Argentina 2018: Jok Panas Ducati Lorenzo, Ke Suzuki? Pelatih Dipecat..!

BAGIKAN