nhk

MotoGP 2018: Suzuki Pakai Mesin Evolusi, Diuntungkan Sebagai Tim ‘Konsesi’

Brivio, iannone, Motogp

ManiakMotor – Tim Suzuki tampil tidak dengan mesin anyar pada musim kompetisi 2018. Meski begitu, dengan status sebagai tim ‘konsesi’ akan memberi keuntungan buat skuad yang diperkuat duet Andrea Iannone dan Alex Rins. Begitu sebut Davide Brivio selaku bos tim Ecstar Suzuki.

“Kami benar-benar tidak punya mesin baru untuk 2018. Versi yang akan kami bawa ke Sepang (28 Januari mendatang) adalah hasil evolusi dari tes di Valencia (Spanyol),” jelas Brivio. Pihaknya, saat tes di Sepang dan Buriram (Thailand) akan mencoba bagian per bagian, seperti mesin, sasis dan bagian lainnya secara terpisah.

Jika dilihat secara kasat mata, kata Brivio aakan sulit melihat apa yang baru dari Suzuki GSX-RR 2018. “Sejauh menyangkut aerodinamika, kami berharap bisa mengujin sesuatu yang baru di Thailand,” lanjutnya.

Suzuki sangat diuntungkan dengan berstatus tim ‘konsesi’. Artinya, jatah mesin untuk satu musim bukan tujuh unit melainkan sembilan. Trus, tim tidak dikenai pembatasan pengujian dan pengembangan mesin tidak akan dibekukan setelah pembukaan musim 2018.

“Konsesi itu pertolongan, tapi saya rasa itu bukan perubahan drastis bagi kami,” tegas Brivio. Akan sangat membantum sambungnya jika bisa menguji lebih banyak. Tapi, sepertinya sulit karena kalender saja sudah padat. Satu keuntungan tersbesar yang diraih, mungkin kita bisa mengembangkan mesin selama musim berjalan.

Sepertinya, Suzuki akan bisa merepotkan persaingan Yamaha, Honda, dan Ducati. Indikasi ini terekam dari hasil tes di Jerez, di mana Iannone membuat kejutan dengan menjadi yang tercepat. Tinggal kita lihat hasil uji di Sepang. Rezki

BAGIKAN