nhk

MotoGP 2018: Tes Sepang, Ke Mana Winglet Ducati Dan Yamaha

Rossi, Valencia tes, Motogp
Perhatikan winglet M1 saat test Valencia

ManiaMotor – Winglet atau sayap pada fairing yang memerintah angin, sudah ditentukan aturannya. Sejak tahun lalu harus menjadi kesatuan dari fairing. Tapi saat tes Valencia tahun lalu untuk 2018, Yamaha muncul dengan winglet yang kembali besar. Kalau diperhatikan, sayap itu di luar dari fairing alias ditempel.

Perhatikan M1 saat diluncurkan yang diklaim untuk 2018. Walau sebenarnya yang asli 2018 sudah berada di Sepang

M1 saat itu menjadi perbincangan. Terutama Ducati terheran-heran bisa-bisanya M1 menggunakan winglet gambot. Kata mereka, kalau M1 bisa, Ducati juga harus bisa. Maka saat peluncuran Ducati baru lalu, winglet mereka juga tak kalah besarnya yang juga harus dipertanyakan aturan.

Winglet Ducati saat diluncurkan

YZR-M1 saat diluncurkan pada 24 Januari 2018 di Madrid, Spanyol malah sebaliknya. Winglet mereka nggak kelihatan alias menggunakan yang internal menyatu dengan fairing. Alat ini nyaris nggak pernah disinggung saat presentasi teknik M1 2018.

Saat dites Stoner di Sepang pada 26 Januari 2018

Sadar atau tidak, Ducati saat test privat yang berlangsung 24 – 26 Januari 2018 di Sepang, Malaysia, juga menggunakan fairing yang berbeda dengan diluncurkan di Italia. “Motor ini menjanjikan,” puji Stoner yang memposting foto pada IG-nya dengan GP-18 tanpa winglet.

Saling ‘curi’ desain winglet ini, memang sering terjadi. Alat yang diperkenalkan Ducati yang tadinya disepelekan merek lain, memang ampuh menunggang angin. Macam-macam khasiatnya. Dari awal untuk down-force dan meredam motor ngangkat, ternyata juga berguna untuk manuver. Maklum kecepatan MotoGP sudah luar biasa.

Tunggu saja saat lomba karena di situ aturan winglet sudah sangat ketat. Kalau lagi test, boleh dipakai. Miolo

 

BAGIKAN