nhk

MotoGP 2019: Gigi (Manajer Ducati) Bicara Yamaha Tidak Terlibat, Heran Dengan Protes Honda

ManiakMotor – Gigi Dall’Igna, GM Ducati Corse berbicara apa adanya. Katanya dia sangat bingung dengan protes empat pabrikan, terutama Honda yang ikut memprotes perangkat dicurigai sebagai aerodinamis di lengan ayun Desmosedici GP19. Tapi dia menghormati Yamaha yang akhirnya menarik diri dari protes.

Protes saat ini sedang naik banding ke Badan Pengandilan Banding FIM. “Jujur, saya  bingung pada kejadian ini. Sebelum balapan di Qatar, semua persoalan aturan telah  dibicarakan baik-baik dengan MSMA. Memang begitu, penyelesaiannya bersama Direktur Teknis MotoGP. Tim mana pun kalau ragu soal teknis boleh ajukan keluhan pada MSMA. Tentu setelah berdiskusi dengan Direktur Teknis Federasi, orang satu-satunya yang memiliki peraturan untuk memutuskan apakah seperti barang yang diprotes legal atau tidak?” papar Gigi dengan wawancara panjangnya bersama MotoGP.Com.

Sekadar info,  MSMA yang sering disebut Gigi ini adalah Motorcycle Sports Manufacturers’ Association. Itu adalah asosiasi pabrikan balap di MotoGP. Anggotanya pabrikan yang ikut MotoGP juga. Di sana ada Ducati, Honda, Yamaha, Suzuki, Aprilia  dan KTM. Mereka boleh membicarakan semuanya di MSMA. Yang akhirnya menarik protes dalam rombongan ini hanya Yamaha.

Maka dari itu, Gigi agak heran. Sebelum ada Aprilia dan KTM, hanya empat merek yang lebih dulu mendirikan MSMA, “Jelas pabrikan yang lama di MotoGP adalah anggota awal MSMA. Jadi tradisi asosiasi ini selalu tempat penyelesaian bersama. Tapi belakangan agak berubah pendekatan mereka. Honda dan Yamaha adalah anggota lama. Karena keduanya selalu berpartisipasi sejak awal, mereka memutuskan mengubah peraturan, menantang Federasi atau FIM. Dalam kasus sekarang ini yang mengherankan, Honda. Apakah karena Ducati jadi lawan berat?” beber Gigi sembari bilang yang memprotes punya indikasi tidak percaya pada MSMA, Direktur Tekniks dan Federasi.

Gigi ditanyakan soal Suzuki, KTM dan Aprilia yang ikut memprotes, apakah karena ikut-ikutan dengan Honda? Dia mengaku kurang tahu. Dia kesulitan memahami KTM dan Aprilia. Yang dia mengerti tentang lawan langsung Ducati dalam balapan dan klasemen kejuaraan. Itu artinya dia lebih tahu soal Honda yang siapa pun penggemar MotoGP, juga tahu lawan tangguh Ducati.

Gigi juga ogah menanggapi Yamaha yang menarik diri dari protes aerodinamika Ducati, “Kami belum banyak bicara dengan Yamaha. Saya tidak tahu mengapa mereka tidak  berpartisipasi dalam protes tersebut. Mungkin karena Yamaha selalu terlibat mengeluarkan aturan teknik. Silakan tanyakan pada Yamaha soal itu. Yang jelas saya menghormati tindakan mereka!”

Bila banding disetujui, Gigi belum berpikiran naik banding lagi ke CAS (Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga). Baginya FIM adalah pengadilan terbaik untuk lingkungan sendiri, “Janganlah olah raga kita dibawa ke luar dari FIM. Makanya saya yakin, Pengadilan Banding tidak akan memumutuskan berbeda,” pungkas Gigi sembari antisipasi bila disalahkan akan mengevaluasi dan memikirkan ulang kasus ini, nanti. MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Argentina 2019: Ducati Bisa Buktikan Alat Yang Diprotes, Asli Airscoop Dinginkan Ban

World Superbike Thailand 2019: Race 2 Kembali Bautista Nggak Ada Lawan..!

MotoGP 2019: Lorenzo Harus Banyak Doa, Cidera Setiap 40 Hari, Tetap Ikut Seri Argentina

Jelang MotoGP Argentina 2018: Ducati Ancam Protes Balik Winglet-nya Honda, Bahaya..!

FIM Merilis Hukuman Banding Kasus Aerodinamika Ducati Diterbitkan Sebelum MotoGP Argentina 2019

BAGIKAN