nhk

MotoGP 2019 Jauh Lebih Ketat Masuknya Yamaha, Itu Kata Bos Ducati

Petrucci dapat selamat dari timnya usai mencetak 1;58.239

ManiakMotor – Si bos jujur bicara tentang Yamaha M1 2019 di test Sepang lalu! Dia si bos Ducati yang bernama Paolo Ciabatti, “Apa yang saya lihat di Sepang dari pembalap Yamaha, bahwa insinyur mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik. Yamaha akan jadi lawan yang jauh lebih kuat tahun ini,” papar Ciabatti.

Maksud Ciabatti ini, pertarungan 2019 akan jadi ramai selain oleh kekuatan Ducati sendiri dan tambahan Yamaha. Tentu kata dia, ada Honda dengan dua pembalapnya Marc Marquez dan Jorge Lorenzo. Dia mengamini, Lorenzo tidak hadir di Sepang dan Marquez habis operasi, adalah dua sosok yang tak bisa diremehkan.

“Terutama Marc, tapi dia kan habis opera. Sebenarnya soal Marc bukan urusan saya. Tetapi yang saya baca dan dengar adalah operasi sangat luas. Pernah dialami pembalap tes kami,  Casey Stoner, menjalani operasi pada lokasi sama. Butuh waktu lama sebelum dia bisa membalap dengan normal, karena penyembuhannya butuh proses tertentu,” kata Ciabatti dan menduga Marquez baru bisa sehat saat balapan di Argentina.

Artinya pertarungan pada ronde awal di Qatar, para pembalap Ducati harus fokus pada joko Yamaha. Karena menurut Ciabatti, walau di test Sepang empat Ducati tercepat, namun untuk kecepatan rata-rata dia mengintip hasinya Vinales. Iya Vinales jauh lebih baik untuk urusan konsisten kecepatan balapan.

Ciabatti lantas mengenang, tahun lalu mereka lewat Andrea Dovizioso menang di ronde pertama di Qatar. “MotoGP 2019 akan lebih ketat, karena kebangkitan Yamaha. Belum lagi dengan Suzuki bersama Alex Rins. Saya yakin, situasi ini akan sangat menyenangkan bagi para penggemar MotoGP. Tentu juga media. Bagi tim, ini lebih sulit dan rumit,” jujur Ciabatti sembari kirim salam untuk ketemu kembali di test Qatar dan ronde pertama pada tempat yang sama. MM

BAGIKAN