nhk

MotoGP 2019: Kevin Schwantz Soal Juara Ke-10 Rossi Dari Jatuhnya Marquez Dan Soal Suzuki

Kevin Schwantz dan Valentino Rossi

ManiakMotor – Legenda GP Kevin Schwantz dari Amerika yang tinggal di Texas mengomentari jatuhnya Marc Márquez di kampungnya. Lantas dia mengaitkan dengan poluang Valentino Rossi untuk juara ke-10 kali. Dan memang selama ini sebagian besar yang menggagalkan juara ke-10 Rossi adalah Marquez. Tentu saja  Schwantz mengomentari Alex Rin dengan Suzuki, mereka yang membawa Schwantz juara dunia di GP500.

Katanya menyusul gagalnya Marquez di Amerika, peluang juara dunia buat pembalap lain akan terbuka, walau masih ada 16 seri di depan, “Setiap balapan MotoGP, ada 23 pembalap ingin menang dan ingin mengalakan Marquez. Mereka berusaha lebih cepat darinya pada setiap sesi sampai race. Seperti di Austin, jatuhnya Marquez yang dapat point Alex (Rins) dan Valentino dapat 20 point. Itu point penting,” kata Schwantz yang juara GP500 pada 1993.

Schwantz juga mengakui masih ada pemain yang tak kalah konsisten, yakni Andrea Dovizioso. Si bintang Dicati yang menjadi keempat di Amerika itu, berhasil dapat point yang membuatnya memimpin klasemen. Tapi itulah balapan yang disebut grand prix atau berseri. “Mereka ini seperti Dovi, Rossi, Rins dan kalau Jorge (Lorenzo) sejat akan bergabung bermsa Marques memperebutkan juara dunia 2019,” tambah Schwantz yang suh berumur 54 tahun tersebut.

Kembali ke Rossi yang menurut Schwantz masih terbuka ambisi juara ke-10 di umurnya 40 tahun. Katanya, seperti di Austin, Rossi dapat point banyak. Sebab kunci untuk masuk ke jajaran juara dunia harus dapat point banyak setiap seri. Itu sudah diperlihatkan Valentino dari Qatar, Argentina dan Amerika.

Rossi tinggal berusaha keras di 16 seri selanjutnya. “Saya pikir Valentino semakin pintar setiap tahun. Di umurnya sekarang dia masih memiliki kecepatan untuk mengalahkan Honda dengan Márquez. Dia masih kapabel dan konsisten,” komentar pembalap yang kerap menganalisa setiap pembalap tersebut.

Bahkan Suzuki yang pernah dibawanya juara dunia di GP500 memang meningkat. Tetapi, GSX-RR hanya akan berjaya pada sirkuit-sirkuit tertentu. Belum bisa juara pada semua sirkuit. M11

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353