nhk

MotoGP 2019: King Kenny Jelaskan Skill Rossi 40 Tahun Hendling Teknologi Motor Sekarang,

King Kenny

ManiakMotor – Di MotoGP Amerika bermunculan legenda-legenda balap motor dunia. Salah satunya yang pernah membawa balap motor jadi tenar di Spanyol. Dialah Kenny Roberts Sr alias King Kenny. Dia juara GP500 tiga kali dan pernah punya sekolah balap motor di Spanyol. Termasuk punya tim di GP500 ketika itu.

Papanya Kenny Roberts Jr itu sebelumnya memuji MotoGP era sekarang yang katanya terbaik di dunia. “Semakin mengherankan saya, ada pemain sudah 24 tahun di kejuraraan ini. Umurnya 40 tahun dan kompetitif jadi bagian dari menariknya MotoGP. Sulit dipercaya!” kata King Kenny yang cucunya saat ini ikut di Moto2 tapi kayaknya kurang berbakat tuh, haha.

Siapa lagi kalau bukan Valentino Rossi yang dibicarakan opa Kenny yang asli Amerika itu. Dia melihat dari kualitas peserta dan motor, MotoGP adalah pertunjukan terbaik saat ini, jauh dari eranya dan anaknya yang sama-sama juara dunia. Cuma anaknya hanya sekali juara dunia dengan Suzuki GP500 pada tahun 2000 dan tahun itu Rossi kedua di klasemen.

King Kenny lantas punya prediksi awal bahwa sebenarnya yang punya peluang membalap sampai 40 di eranya adalah Wayne Rainey. Namun motor GP500 tidak mendukung. Selain teknologi tidak seperti sekarang yang memiliki kontrol traksi super canggih dari ECU, juga karakter mesin 2T yang ‘brutal’. Membawa mesin GP500 harus punya fisik yang prima dan sudah tak dimiliki pembalap umur 40 tahun.

Semnetara, “Valentino adalah satu-satunya pembalap yang di MotoGP sekarang lulusan dari GP500. Biasa pegang mesin yang liar lantas menanjak pada teknologi canggih. Motor 4T yang syarat dengan kenyamanan mesin, bodi dan kak-kaki. Itulah kenapa dia bertahan sampai umur 40 tahun masih kompetitif. Karena lulusa dari GP500,” papar King Kenny yang pernah mengajar beberapa pembalap Indonesia ke sekolahnya di Spanyol pada 90-an. Miolo  

BACA JUGA

Jelang MotoGP Jerez 2019: Rossi Tetap Cerdik Manfaatkan Raceday, Sumbang Simoncelli

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353