nhk

MotoGP 2019: KTM Membela Diri, RC16 Mereka Masih Payah, Pedrosa Mulai Test

ManiakMotor – Hasil test Jerez pramusim akhir November 2018, KTM yang terbaik hanya ke-17. Itu pun dengan Pol Espargaro yang sudah dua tahun geber RC16. Tiga pembalap  baru yang pegang KTM nyaris jauh di belakang. Termasuk pembalap pabrikan, Johan Zarco.

Hasil tersebut pun mendapat sorotan dari para pengamat. Kata mereka, perjalanan mesin V4 KTM masih jauh dari harapan, “Yang layak bicara begitu adalah pembalap. Memang baru lalu ada masukan dari Luca (Cadalora). Tapi itu tergantung kebutuhan pembalap dan motor itu sendiri,” papar Pit Beirer, Direktur Motorsport KTM.

Bagi Pit, perkembangan motor balap sangat dinamis, termasuk KTM. Konsep di awal akan selalu dibicarakan dengan pembalap dan mekanik. Karena itu, Pit mengklaim KTM sudah membayar Zarco dan Dani Pedrosa untuk mengembangkan RC16. Keduanya punya latar belakang yang berbeda. Pedrosa senior dari Honda dan Zarco masih aktif, paling tidak dapat pengalaman selama dengan Yamaha Tech3.

Diberitakan minggu ini Pedrosa dan Mika Kallio akan melakukan pengujian di Jerez. KTM masih punya hak konsesi yang punya kelebihan melakukan pengetesan lebih banyak. Masukan dari Pedrosa ini yang sedang ditunggu.

Kembali pada perkembangan KTM yang bagi Pit sudah jauh berkembang, “Balap terakhir di Valencia kami punya hasil yang bagus, ke-6. RC16 sudah sangat oke dengan ban slick, juga efisien saat menggunakan ban basah. Beda dengan test di Valencia dan Jerez, KTM lebih banyak mencoba hal-hal baru,” alasan si Pit.

Makanya Pit meminta menunggu hasil akhir di test Februari 2019 di Sepang, Malaysia.  Sebab di test dua kali lalu, KTM masih fokus membangun bebera perangkat. Di saat sama tiga pembalap pendatang baru masih menyesuaikan dengan motor, “Pokoknya laporan yang paling adil datang dari pembalap sendiri,” pungkas Pit.

Oce deh. MM

 

 

BAGIKAN