nhk

MotoGP 2019: KTM Tolak Marquez, Duitnya Mending Bangun Motor

ManiakMotor – KTM dan Red Bull adalah saudara kandung sesama perusahaan besar Austria. Marc Marquez sejak kecil didorong Red Bull sehingga bisa jadi rider top saat ini. Akankah MM93 berlabuh ke tim Red Bull KTM usai kontrak dengan Honda pada 2020?

Itu spekulasi dalam beberapa tahun terakhir mengingat kedekatan pribadi MM maupun adiknya (Alex Marquez di Moto2) dengan Red Bull. Di sisi lain, spekulasi itu pula yang menaikkan nilai tawar MM di Honda.

Kini isu itu tampaknya akan berakhir setelah keluar statement jelas dan logis dari bos  KTM Stefan Pierer. Alasannya bukan karena gaji Marquez yang pastinya sangat besar.
“Bukan soal duit. Berapa pun jumlahnya pasti bisa dibayar Red Bull. Tapi, saya lebih memilih pakai uang itu untuk membangun RC16,” kata Pierer menyebut besutan KTM di MotoGP.

Pierer ini yang sebelumnya menilai Ducati hamburkan uang saat memakai Jorge Lorenzo. Dia merasa timnya saat ini masih dalam program pengembangan 5 tahun dan baru memasuki tahun ketiga. Belum perlu pakai jasa rider sekelas Marquez. Justru bakal serba salah, katanya.
“Kalau menang maka orang akan bilang karena pembalapnya yang jago. Saat kalah maka yang salah adalah motornya,” imbuh Pierer dan ada benarnya.

Terinspirasi oleh sukses KTM di kancah Reli Dakar, ia lebih suka membangun tim terlebih dulu ketimbang buru-buru menyasar titel dunia. “Kami harus berjuang 7 tahun di Reli Dakar. Setelah itu baru menang 18 kali beruntun.”

Jika apa kata Pierer jadi penentu maka saatnya berakhir isu perpindahan Marquez ke KTM Red Bull. Tapi, jelas keputusannya bisa goyang jika Red Bull yang punya kehendak. Perusahaan minuman energi Austria itu adalah personal sponsor Marquez sejak bocah.

Sebagai sponsor utama tim KTM, tentu mereka juga berhak menetapkan line up pembalap. Dan, pastinya argumentasi Pierer layak jadi acuan. Nah, akan di mana MM93 pada musim 2021 ya tunggu sajalah berita selanjutnya, kan masih lama! Bone

BAGIKAN