nhk

MotoGP 2019: Kunci Rossi Di Klasemen Harus Sukses Di Jerez, Modal Tester Eropa

ManiakMotor – Serial MotoGP di Eropa akan dimulai 3 – 5 Mei 2019 dari sirkuit Jerez, Spanyol. Valentino Rossi yang telah dua kali podium kedua dari tiga ronde lalu, wajib sakses di negaranya Marc Marquez yang geber Honda tersebut.

Bagi para pengamat dunia, The Doctor punya potensi melakukan yang terbaik di Jerez. Itu didukung performa M1 dari tiga seri lalu lumayan meningkat dan stabil, “Suka sih dengan trek Jerez. Tetapi tampaknya selalu tidak mudah di situ. Lagian masih terlalu dini untuk mematok hasil,” papar Rossi dari markasnya di Tavullia, Italia.

Folger melakukan tes M1 di Misano baru lalu bersua dengan Miller dan Marcel Schrötter

Namum Rossi mengatakan ada beberapa hal positif di awal musim 2019. Kini dia sudah dua kali podium dan kedua pula. Tahun lalu katanya dia hanya sekali kedua, “Tapi ini  tergantung perjalanan sisa seri 2019. MotoGP sekarang seperti Formula Satu, semua pabrikan dan tim bekerja meningkatkan motornya,” tambah Rossi yang kedua di klasemen dan hanya beda tiga angka dengan pemimpin kejuaraan.

Berhubung dia bicara pengembangan, maka Rossi punya amunisi lain. Yakni getolnya Jonas Folger melakukan tugasnya pengetes YZR-M1 di Eropa. Baru lalu, Forger terlihat testing di Mugello dan Misano. Itu modal Rossi melangkah ke Jerez. Sebab sebelum-sebelumnya, M1 agak kerepotan di sirkuit klasik tersebut. Sirkuit nggak panjang-panjang amat, tapi tikungan-tikungannya putaran atas terus dengan rolling speednya.

Maksudnya, M1 saat ini nggak ada kata berhenti dalam pengembangan seperti sebelum-sebelumnya hanya diuji di Jepang. Tahun ini ada khusus tester Eropa oleh Folger tadi. Testing Eropa ini atas desakan Rossi sendiri tahun lalu dan diiyakan oleh pabrikan Yamaha.

Buat Rossi perlu mempertahankan dan menambah kecepatan M1-nya seperti di tiga ronde berlalu, “Pada 2017 adalah bencana di Jerez. Sedang 2018 sedikit lebih baik, tapi ada masalah di sesi latihan sepanjang akhir pekan. Sekali lagi, saya suka Jerez, sangat penting dipahami keuntungan bisa kuat di sana. Semoga bisa lebih baik dengan aspal baru Jerez,” pungkas Rossi yang tentu saja sembari berharap dari hasil testing Folger pada pembaharuan elektroniknya. Miolo

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2019, Moto2 dan Moto3

BAGIKAN