nhk

MotoGP 2019: “Lepaskan” GP Qatar, Marquez Baru Gaspol di Argentina

ManiakMotor – Kondisi bahu yang belum pulih sepulihnya membuat Marc Marquez mengubah pola kerja dalam tes Sepang. Ia hanya coba dan analisa garis besar teknis saja, terutama mesin. Tak detil ke berbagai aspek seperti seharusnya.

“Untuk memahami detilnya, Anda harus kendarai motor dengan riding style yang biasa dilakukan. Dengan cara yang Anda inginkan,” katanya yang memang benar-benar masih sakit bahunya menikung kiri dan mengerem deras. Kalau nggak begitu, pasti dia bersaing di hari ketiga (H3) saat enam pembalap mencetak 1:58, coba baca ini.

Di tes Sepang, ia tak bisa besut RC213V 2019-nya dengan caranya selama ini. Rebah ke tikungan kiri saja masih sakit tuh bahu meski sudah diberi obat penahan sakit. Saat pakai ban baru, motornya pun terasa agresif dan tentu saja si bahu makin sakit jika melawan agresivitas laju motornya.

Karena itu ia lebih banyak pakai ban lawas dengan konsekuensi tak cukup banyak masukan data yang diperoleh. Data banyak digali, bila motor digeber di atas limit terus seperti ciri Marquez. Tapi kali ini dia cukup urut dada nggak bisa bersaing ke depan di hari ketiga. Marquez sementara hanya ke-11.

Alasan lain mengapa fokus MM sebagian besar pada mesin tak lain karena ada daleman RC213V versi 2019 yang berubah radikal. Bagian ini juga yang ia rencanakan me jadi sorotan penting dalam tes Qatar akhir bulan nanti. “Itu krusial karena seusai Qatar maka mesin tak boleh diubah-ubah lagi sampai akhir kompetisi. Sudah disegel.”

Ironisnya kondisi fisiknya diperkirakan masih bermasalah di Qatar nanti. Lha, di Sepang saja sebenarnya fisioterapisnya melarang MM ikutan tes. “Saya berharap problem di Qatar nantinya, termasuk balapan seri pembuka, tidak terlalu besar. Target saya pulih 100% di Argentina (seri ke-2). Ada waktu 3 minggu untuk recovery,” katanya.

Begitulah kata Marquez lewat wawancara di motorsport.com, terkesan melepas seri perdana. Boleh percaya, juga silakan kalau tak yakin. Sebelum tes Sepang, misalnya, ia bilang bisa jadi hanya mampu tampil 10-20% dari kemampuan sesungguhnya. Tapi, yang terjadi di hari pertama justru ia tampil tercepat. Benar atau tidak akan ia lepas seri Qatar silakan hitung sendiri berdasarkan suara tokek hehehe! Bone

BACA JUGA

Hasil Test MotoGP 2019 Sepang 6 – 8 Februari 2019 Dari Jam Ke Jam

Test MotoGP Sepang 2019: H3 Jam Pertama, Rekor 1:58 Dari Dua Ducati GP19 Plus M1

Test MotoGP Sepang 2019: Usai H2, Cerita M1 Vinales Tercepat, Punya Rossi Juga Mantap..!

BAGIKAN