nhk

MotoGP 2019: Nih Tikungan-Tikungan Favorit Marquez, Lorenzo Dan Cs

ManiakMotor – Kalau ditanya, yakinlah para pembalap MotoGP saat ini sedang menikmati lirburan Natal dan Tahun Baru 2019. Pasti mereka semalam saat pergantian tahun ikut begadang. Tapi masih ada sisa-sisa cerita mereka yang layak dibaca soal tikungan favorit pada setiap sirkuit.

Marc Marquez misalnya, sangat menikmati salah satu tikungan di Aragon. Nikmat bangat mengambil tikungan tersebut, “Satu tikungan terbaik di Aragon. Tepatnya di turn atau ‘T’ 10 setelah corkscrew. Itu adalah tikungan kiri yang sangat lama dan sungguh mengasyikan di situ. Pada dasarnya saya suka dengan tikungan kiri,” papar juara dunia MotoGP 2018 tersebut.

Demikian juga dengan Alvaro Bautista yang 2019 sudah pindah ke WSBK. Katanya, dia akan seperti di surga kalau melintas di T3 Philip Island, Australia. Dia menikunga di situ dengan kecepatan 230 km/jam dengan gigi 5. Saat itu juga roda belakang akan ada gejala silide yang lama.

Mantan pembalap Repsol Honda, Daniel Pedrosa yang sekarang tester KTM punya  favorit sudut Sito Pons di Jerez. “Itu T5. Kadang-kadang roda depan motor saat keluar tikungan yang disambut tikungan berbeda. Saya sangat menikmatinya,” timpal Pedrosa yang baru lalu diberitakan catatan waktunya dengan KTM RC6 saat tes di Jerez sudah dekat dengan time RC213V bekas dikebutnya di Honda.

Sementara Jorge Lorenzo malah lebih senang sirkuit di luar Spanyol untuk soal menikung. Yakni R1 Misano di Italia. Selain harus melakukan pengereman keras, di situ juga posisi menurun, “Anehnya saya sering terlambat melakukan pengereman di situ. Mungkin saya terlalu bawa perasaan,” tutur Lorenzo yang di MotoGP 2019 berpasangan dengan Marquez di Honda.

Pokoknya setiap joki pasti punya tikungan andalan. Masih banyak disebut, tapi cukup pembalap yang di atas tersebut. Eh masih ada Karel Abraham yang juga riang di T1 Philip Island. Atau Aleix Espargaro yang memuja tikungan terakhir Mugello. MM

BAGIKAN