nhk

MotoGP 2019: Otot Six Pack, Tapi Vinales Masih Butuh Penasehat Fisik, Kelelahan..!

ManiakMotor – Fisik yang prima dilatih dengan cara disiplin yang keras dan teratur. Tapi ternyata belum jaminan untuk kekuatan mental dan konsentrasi untuk tampil di MotoGP.

Itulah yang dialami Maverick Vinales. Coba lihat foto Vinales yang mantap postur badannya. “Tapi saya butuh ahli psikolog olahraga yang baik. Ini untuk menjaga ritme fisik yang berhubungan dengan mental selama balapan,” papar Vinales yang mengaku sulit menemukan orang yang tepat untuk melatih masalah tersebut.

Viñales saat awal di Yamaha pada 2017 dalam kondisi sangat baik. Dia memenangkan tiga dari lima balapan pertamanya di M1. Setelah balapan kelima musim ini di 2017, ia harus menunggu lama sampai juara lagi di Australia 2018.

Viñales merasa kelelahan bila tak memanajemen dengan baik setiap sesi MotoGP. Katanya andai salah atau terlalu fokus pada salah satu sesi, sesi selanjutnya akan kedodoran pada mental fisik dan bahkan terlempar dari 10 besar.

“Anda harus melakukan yang terbaik di setiap sesi. Sebab pada free practice saja, tetap ada perburuan catatan waktu. Biasanya coba untuk tidak melakukan terlalu banyak putaran dalam sesi ini, hanya push dua atau tiga kali. Jika terlalu banyak lap akan kelelahan, kemudian kurang bugar ketika memulai perburuan waktunya,” tutur Vinales.”

Karena itu, Vinales sedang mencari psikolog olahraga untuk mengatur kekuatan mental dan konsentrasi. “Kadang saya kurang fokus. Padahal saya adalah tipe yang selalu ingin meningkat. Makanya harus menemukan seorang psikolog olahraga yang baik dan pasti hal begitu bisa teratasi,” lanjut pembalap Spanyol tersebut.

Dia mencontohkan seri pembuka musim 2018 di Qatar, di kedua lomba dia pembalap tercepat di lintasan. Di saat sama berhasil mengejar pemimpin selama empat detik. “Tapi saat itu saya sangat tertekan, karena 2017 saya mendapatkan pole dan menang. Jika saya lebih enjoy, keadaan bisa berbalik,” tutu[ Vinales. MM

BAGIKAN