nhk

MotoGP 2019: Pawi Harta Nasional Malaysia Untuk MotoGP, Disayangkan Cepat Ke Moto2

Pawi, Jerez Moto2 test, November 2018

ManiakMotor – Khairul Idham Pawi adalah pembalap Asia di luar Jepang yang pernah juara grand prix (GP) yang dikelola Dorna. Sejarah buat Malaysia yang sejak 20 tahun lalu mengirim pembalapnya ikut GP. Kan Pawi pernah juara seri Moto3 pada 2016. Walau dalam kondisi tidak normal alias hujan, tetap saja tercatat sebagai juara.

Itu yang bicara CEO Sepang, Razlan Razali. Razali juga menyangkan, Honda Team Asia terlalu buru-buru mengangkatnya ke Moto2. “Apa pun itu, dua tahun di Moto2 juga pengalaman buat Pawi. Kini dia satu-satunya pembalap Malaysia yang berada di Moto2 dengan membawa tim kami. Dia juga punya kesempatan ke MotoGP. Pawi masih menjadi harta nasional Malaysia,” papar Razali.

Tahun ini Pawi memang memperkuat Petronas Sprinta Racing, timnya negara tetangga. Pawi diharapkan berkembang di kelas ini, karena sudah menunggu jok M1 di MotoGP. Kan Sepang juga punya tim satelit Petronas Yamaha. Pastilah yang didahulukan pembalap kebangsaan mereka. Tadinya sih Hafizh Syahrin yang sudah keburu ke tim satelit KTM dengan Tech3.

“Dia (Pawi) datang untuk mengunjungi tim MotoGP usai lomba di Valencia. Kami tunjukkan dan bilang padanya, memiliki dua tahun untuk melakukan sesuatu. Kami ingin dia menjadi pembalap MotoGP Malaysia pertama di tim ini. Itu harusnya memberinya motivasi, fokus, dan bekerja keras. Karena dia tahu jika dia melakukannya dengan baik dan berkembang alami, sudah menunggu struktur tim MotoGP Malaysia,” tambah Razali soal peluang Pawi ke Petronas Yamaha SIC yang 2019 ini dibela Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo.

Makanya, di Moto2 sekarang Pawi punya pelatih khusus. Nama pelatih ini adalah Torlief Hartelman yang mendampingi Pawi sejak test Moto2 di Jerez. Ditekankan oleh Razali, si Pawi sangat penting untuk masa depan balap motor Malaysia terutama Petronas.

Mudah-mudahan Pertamina juga begitu. Amin… Miolo

BAGIKAN