nhk

MotoGP 2019: Penantang Real Marquez Satu-Satunya Adalah Quartararo

ManiakMotor – Sebenarnya tulisan yang arahnya sama sudah diulas portal ini dengan referensi dari berbagai sumber, tulisannya di sini. Kini muncul pengamatan Herve Poncharal si bos Tech3 itu. Katanya yang paling mungkin menantang dominasi Marc Marquez adalah Fabio Quartararo.

“Fabio satu-satunya pembalap yang sanggup untuk menghalangi Marc. Bukan saat ini, tapi ketika Fabio dapat tim fasilitas pabrikan. Saya pikir Marc sendiri tahu tuh,” papar Poncharal yang satu negara dengan Quartararo alias Prancis.

Poncharal lalu cerita bahwa dia sangat tahu perjalanan karir balap Quartararo. Bahkan Quartararo senior alias papanya Fabio yang bernama Etienne pernah ‘dibantunya’ untuk tetap berkarir di balap motor pada 1980-an. Kan sama-sama satu profesi di negara yang sama bro.

“Saya sudah kenal Fabio cukup lama, tentu saja dari ayahnya, Etienne. Ketika 1980-an saya  bekerja untuk Honda Prancis, Etienne adalah pembalapnya. Kami memasok motor dan suku cadang padanya untuk kejurnas Prancis. Jadi kami sudah saling kenal sejak 40 tahun,” tambah  Poncharal.

Poncharal juga terus mengamati perjalanan karir Quartararo. Sejak Quartararo juara CE3 Moto3 berurutan sehingga disebut sebagai ‘Marc Marquez berikutnya’. Saat berusia 15 tahun pada 2015 dan naik ke Moto3 dunia bersama tim Estrella Galicia, Quatararo mengalami patah pergelangan kaki. Di saat sama, orang tuanya disebut-sebut terlalu ingin ikut campur. Plus tidak memiliki tim yang khusus seperti terjadi pada Marquez saat ke grand prix.

Pendeknya menut Poncharal, Quartararosatu-satunya yang bisa mengganggu Marquez. Syaratnya dapat motor yang setara. Caranya, kalau nggak pindah merek ke Yamaha pabrikan. Sebab, Poncharal mengerti betul motor kelas satelit walau disebut sama dengan pabrikan.

Keyakinan itu diperkuat Poncharal dengan M1 Quartararo saat ini lebih rendah 500 rpm dibanding tiga M1 lain. Tapi Quartararo mampu membuat tiga kali pole position dan beberapa podium, “Jadi, Quartararo bisa dilihat akan datang. Saat ini dia memiliki semua yang dia butuhkan untuk menunjukkan talentanya,” cocor Poncharal yang juga mengaku merayu Razlan Razali bos Petronas Yamaha untuk ambil risiko mengontrak Quartararo.

Maksudnya, Quartararo dengan tim saat ini sudah oke. Di Petronas Yamaha ada orang-orang yang tepat di sekitarnya. Juga memiliki motor yang sesuai gaya mengendara Quartararo yang akhirnya doski bisa menunjukkan potensinya. Potensi untuk ke depan.

Poncharal yakin sosok Quartararo akan jadi fokus pabrikan untuk musim kontrak 2021. Dia ingin lihat posisi Yamaha menentukan Quartararo, ya seperti cerita di sini, “Termasuk melihat apa yang diputuskan Fabio. Karena akan berada dalam posisi yang belum pernah dia alami. Akan banyak pabrikan menggelar karpet merah buatnya,” senyum Poncharal alias menyarankan Quartararo ke pabrikan, tapi saat ini lebih baik dengan Petronas Yamaha.

Kita lihat saja, itu nanti dan yang segera di depan mata adalah pertarungan di Misano, San Marino, Italia pada 15 September 2019… MM

BACA JUGA

Jelang MotoGP Misano 2019: Balapan Masih 7 Seri, Marquez Sudah Juara Dunia

MotoGP 2019: Yamaha Yakin Sekali Di Misano, Rossi Pensiun Usai 2020 Tergantung M1

Jelang MotoGP Misano 2019: Balapan Di Dekat Rumah Rossi, Banjir Fans Kuning

Jelang MotoGP Misano 2019: Lando Norris Pembalap F1 Pakai Helm Rossi Tampil Di Monza, Idola Berat..!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353