nhk

MotoGP 2019: Quartararo Cerita Pengalaman Pertama Naik M1, Rem-nya Pakem

ManiakMotor – Ada dua pengalaman yang bikin takjub Fabio Quartararo pertama kali naik motor MotoGP. Yakni kecepatan mencapai 330 km/jam, sensasinya luar biasa. Yang kedua soal pengereman. Lain-lain cerita selingan saja.

Quartararo yang dari Prancis itu memang istimewa. Dia juara FIM CEV di Moto3 pada umur 15 tahun. Pindah ke Moto3 dunia hanya setahun dan loncat ke Moto2 dua tahun. Di Moto2 2018 dia pembalap berprestasi yang menggunakan sasis Speed Up yang saat sama nyaris semua kontestan pakai sasis Kalex.

Maka dia pun dikontrak Petronas Yamaha SRT untuk loncat ke MotoGP 2019 pakai M1. “Jujur saja, pertama kali naik M1 MotoGP, saya grogi. Paling menonjol pada kelas ini kecepatannya dan pengeremannya,” papar Quartararo yang tidak menyangka bisa dikontrak tim sekaliber satelit Yamaha.

Bukan soal mencapai 330 km/jam. Tapi mesin M1-nya dengan singkat menyentuh kecepatan tersebut. Itu yang membuatnya terheran-heran. Mengaku harus membiasakan dengan kecepatan yang kilat tersebut ketika tes pertama kali di Valencia dengan M1. “Untuk ini saya mengubah latihan fisik untuk memperkuat lengan,” papar Quartararo yang mengaku masih harus belajar banyak dan di test Valencia posisi ke-17, kalah 8 pembalap lain.

Juga termasuk pengereman. Katanya di Moto2, doski sering melakukan pengereman yang terlambat, “Tapi di MotoGP dengan top speed yang sangat tinggi, saya bisa mengerem titiknya sama dengan Moto2. Itula canggihnya pengereman MotoGP dengan cakram karbon,” tambah pemuda berusia 19 tahun tersebut yang ditest Jerez dari kombinasi ke-12 dan hanya selisih 0.816 dengan yang tercepat.

Ok deh. Lanjutkan perjuangan. Miolo

 

 

BAGIKAN