nhk

MotoGP 2019: Sampel Fairing Yamaha M1 Ok, Ducati Tunggu Dulu.!

ManiakMotor – Satu-satunya tokoh menyatakan fairing bersama winglet silakan pakai terus atau direvisi, adalah Denny Aldridge. Karena dia direktur teknik soal regulasi MotoGP. Dari mulutnya dan tanda tangannya soal ketentuan desain dan dimensi fairing.

Pada MotoGP 2019 ada peraturan baru fairing yang pasti berhubungan dengan syap-sayap aerodinamis anti-whellie. Versi tahun lalu masih dianggap kebesaran sayap-sayapnya. Juga disebut keluar dari integrasi atau menyatu dengan fairing. Sayapnya wajib dipersempit kembali dan hanya Denny yang meluluskan.

Winglet baru Ducati

Di tes Sepang lalu Yamaha M1 Valentino Rossi dan Maverick Vinales bersama Ducati Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci dan beberapa satelit Ducati memperlihatkan versi baru mereka, “Untuk Yamaha sudah ok. Untuk Ducati dari segi desain, juga nggak masalah. Hanya sampel mereka belum diukur sesuai ketentuan,” papar Denny.

Tapi namanya test, semua diinzinkan menggunakan winglet yang suka-suka. Berbeda dengan lomba, harus sesuai ketentuan, “Persoalannya, ada sampel yang sudah diukur dan dihomologasi, tapi pada kenyataannya, ada beberapa tim tidak menggunakanannya saat lomba,” tambah Denny yang bukan orang Jawa Barat ini, tapi dia orang bule.

Fairing Ducati walau kelihatan lebih ramping sesuai ketentuan, mereka memasang enam sirip dan corong pelintasan udara yang kecil-kecil. Itu barang Ducati diklaim mereka dikerjakan lewat simulasi komputer dan dipastikan sesuai aturan. Sedang Yamaha memiliki sayap bertingkat yang disebut pengembangan terbaru.

Fairing semua pabrikan dan tim harus selesai wujud sebenarnya ketika test Losail, Qatar pada 23-25 Februari 2019. Mio

BACA JUGA
MotoGP 2019: Pengembangan Aerodinamika Ducati Kerap Dihambat

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353